Langsung ke konten utama

What is in My Bag (University Edition)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Greetings reader!
Apa kabar teman-teman pembaca sekalian? Sorry banget baru sempet ngeblog lagi. Banyak yang gue lalui selama satu semester kuliah kemarin, salah satunya adalah sempet merasa kehilangan percaya diri untuk ngeblog. Things got a little unstable saat itu.
Namun alhamdulillah sekarang semuanya udah lebih baik, dan inshaAllah gue akan berusaha sering-sering update blog dan semoga membawa manfaat buat pembaca sekalian~~~
Di post-post berikutnya mungkin gue akan ceritain gimana pengalaman gue merasakan menjadi seorang mahasiswi di HI UI, tapi untuk sekarang, gue akan mencoba memberi inspirasi visual (what?) kepada kalian (khususnya yang cewek-cewek) untuk lebih semangat mengorganisir hidup (read: tas) dengan postingan: WHAT'S IN MY BAG (UNIVERSITY EDITION)

Oiya,
jadi banyak haaaaal yang berubah dari pengorganisiran ala Sasqia waktu SMA dulu, karena setelah trial and error menjalani kehidupan mahasiswi, ini yang gue sadari:

SMA: Seneng pake tas backpack gede-gede
Kuliah: Pengen pake tas sekeci mungkin, kalo bisa pake tas selempang (biar kece hehe)

SMA: Pengen bawa semua barang
Kuliah: Pengen bawa sesedikit mungkin barang
Why? Karena SMA kita punya kelas, punya bangku, punya meja. Masuk ke kelas, taro tas, terus bisa jalan-jalan bawa badan doang. Sementara di kampus, sistemnya kan moving class, jadi tas akan selalu kita bawa kemana-mana. Makin berat makin ribet dong.

SMA: Satu mata pelajaran, satu buku tulis (Walau banyak juga yang pake binder, termasuk gue)
Kuliah: Semua mata kuliah muat-banget-banget dicatet di buku kecil.
Why? Karena ga semua matkul memberi kita materi untuk dicatet, dan dosen juga ga bakalan nyuruh kita nyatet-nyatet kayak guru di SMA. 

So, kita mulai yukk bongkar tas gue....

..................................................................................................................................................................

Jadi, teman-teman,
Sistem pengorgansasian tas gue dimulai dari sebuah kantong/case/pouch kecil yang memuat semua barang-barang paling esensial untuk gue kuliah.
Pouch nya kayak gini:


Nah, di dalam pouch yang ge gede-gede banget ini, magically muat buanyaaaaaaak barang.
Jadi biasanya gue suka ganti-ganti tas buat kuliah karena mau match sama baju kan (hehe).
Nah setiap gue mau ganti tas, gue tinggal mindahin pouch ini ke ke tas yang mau gue pake. Jadi ga ribet satu-persatu barangnya mesti dipindahin.

Dan kalo gue lagi mualaaaaas, 
gue cuman bawa pouch ini doang, tapi gue pasang tali (sling) buat pake tasnya di pundak. Jadi seperti ini keliatannya:


Nah, kalo ada yang nanya tas ini bisa muat apa aja,
Inilah isi magic pouch tersebut:



Yaaayyy, hebat kan?
Tas ini muat tujuh item esensial yang gue butuhin selama perkuliahan.

Sekarang kita liat satu-persatu item nya....

1. Binder kecil

Kalo waktu SMA gue pake binder gede, sekarang gue pilih pake binder kecil untuk menghemat tempat dan biar lebih efisien aja. Di kampus kita ga butuh nyatet banyak banyak banget. Ga semua matkul ngasih materi, kebanyakan diskusi-diskusi aja.

Yaa dibawah inilah yang akan kalian lihat saat membuka binder gue.
Karena gue sangat mengapresiasi estetika, gue ga suka pas buka binder langsung liat materi-materi pelajaran (apa hubungannya). Ya intinya dari dulu pasti di halaman depan gue bikin cover sendiri yang merefleksikan gue. Waktu SMA gue gambar bunga matahari karena FYI, nama gue "Nafla" itu artinya bunga matahari hehehehey.



Lalu kalo kalian kepo kayak gimana catetan gue pas kuliah, dibawah inilah penampakannya. Agak beda sih sama catetan gue waktu SMA yang jauh lebih warna warni. Nah, kalo catetan gue di kuliah, gue pake metode color code, dimana tiap warna itu mempunyai fungsi yang berbeda:
Di catatan gue sendiri selalu terdiri dari:

Merah : Nama Konsep (namanya doang, tanpa penjelasan) (penting level III)
Hitam : Penjelasan konsep, atau hal-hal umum yang perlu dicatat (Penting level II)
Biru    : Penjelasan detail dari konsep (Penting level I)

Apa gunanya?
Gunanya adalah saat kita mau menghafal.
Karena warna merah paling jreng dan dominan, mata gue bisa langsung terarah merah dulu mencari keyword yang paling penting tersebut. Lalu baru ke arah item liat penjelasan konsep, dan biru sbg detailnya.



Nah, satu hal yang masih sama dengan sistem perbinderan gue (what) waktu SMA adalah di bagian paling belakang binder. Gue masih selipin label (buat tip-x), post it, dan panah-panah yang alhamdulillah semuanya masih awet dari gue SMA kemarin.


Lanjut ke item berikutnya..

2. Daily Planner/Journal

Waktu SMA gue juga punya journal yang dikasih sama sahabat-sahabat SMA gue. Journal itulah yang merekam perjalanan gue sampe masuk ke HI UI (Ya Allah terharu). Nah, fungsi jurnal sendiri adalah untuk mengorganisir aktivitas kita sehari-hari. Kita bisa nulis "to-do-list" kita, atau menuliskan isi pikiran kita, dll.
Jurnal gue dikasih bokap dari kantornya, karena designnya untuk orang kantoran, otomatis kurang estetik dan cenderung kaku kaaan (wkwkwk), so gue hias-hias sendiri jurnalnya.

Cover depannya gue tempel flower macam ini yang menunjukan personality gue somehow.
Dan gue kasih label yang gue warnain pake stabilo pink dan ungu biar dapet efek marble, dan gue kasih nama gue.


Di halaman belakang gue tempel post it yang isinya semacam kata-kata penyemangat gue gitulah, serta untuk menambah estetika.


Sebenernya fungsi mendekor atau menghias-hias seperti ini ga cuman demi estetika aja, tapi biar gue ngerasa kalo ini jurnal gue, ini personal buat gue. gitu aja sih..
Lanjut ke item berikutnya:

3. Pencil Case

Karena gue pake pouch kecil yang ukurannya terbatas, gue memutuskan untuk pake tempat pensil kaleng yang lucu ini (Dibawain Najla dari Turki <3) biar ngehemat space, dan karena tempat pensil kayak gini tuh rata, jadi ga akan menggembung-gembung.

Isinya bener-bener apa yang gue butuhkan aja.
Pulpen (dan spidol) tiga warna, stabilo, tip-x, gunting, stapler, dan flashdisk.



Item selanjutnya..

4. Makeup Bag

Makeup bag gue waktu SMA jauh lebih rame dari pada ini. Gue awalnya juga bawa hand-cream dan bedak juga, cuman karena kuliah jam nya gak selama SMA, gue pikir gue bener-bener cuman butuh hand sanitizer, dan dua lipstick ini (Lancomè Rough in Love dan Purbasari 81). Case nya juga dibawain Najla dari Turki (huhuhu kangen).



5. Ear Phone

Selanjutnya adalah ear phone yang gue bawa karena gue takut butuh. Siapa tau gue mau nunggu sesuatu dan kalo bosen bisa dengerin lagu kannn..


Nahhhhh,
itulah isi dari essential pouch gue.

Selanjutnya gue mau share koleksi tas gue. Tapi DISCLAIMER, tas gue ga ada satupun yang mahal.
Tas gue tuh biasanya lungsuran dari nyokap, atau gue beli kalo pas diskonan.
Ga perlu yang mahal-mahal kalo kita pinter milih barang yang bagus.
Asal bisa disesuaikan, dan tau barang yang berkualitas tuh kayak gimana, inshaAllah tetep bisa dapet barang cantik yang keliatannya kayak barang mahal kok.

Pertama,
Gue sering banget pake tas ini kalo ke kampus.
Di foto keliatannya puch gue lebuh besar daripada tasnya ya, sebenernya sih enggak, mungkin efek angle wkwkw. Tas ini lungsuran dari nyokap.



Masih dengan tema "black", tas lungsuran nyokap berikutnya gue pake kalo bawa laptop. Model tas ini edgy banget. Gue pake kalo lagi nggak mood untuk tampil too girly.


Kalo bawa laptop, gue juga sering pake backpack-backpack yang berikut ini. Yang pink gue beli sendiri diskonan di Zalora, yang biru dibeliin bokap di Lotte Shopping.


Tetep bagus kan walau barang diskonan? Harganya ga lebih dari 300 ribu loh padahal.


Tas ini kesayangan gue, gue tambahin pom-pom warna pink biar makin lucu.

Selanjutnya gue juga suka pake tas sling bag kecil ke kampus. Tapi kalo tas ini ga muat ditaro pouch gue di dalemnya, jadi harus sortir barang lagi. Karena ngampus tuh ga butuh bawa banyak barang, jadi cukup cukup aja sebenernya. Yang pink dibeliin nyokap, diskonan juga. Yang abu-abu lungsuran nyokap. Harus diakui sih, nyokap jago bgt milih barang.


That's all!

Semoga kalian suka,
semoga kalian termotivasi untuk mengorganisir tas kalian.
Kuliah tuh seru, salah satu alasan serunya adalah GA PERLU PAKE SERAGAM, yes, I'm one of those who against uniform. Karena gue pribadi suka mengekspresikan diri gue lewat fashion. Mood gue tercermin dalam outfit yang gue pake hari itu. Tapi yaa semua ada plus minusnya, dan gue pribadi enjoy no-uniform. I love freedom tho.

Sekian,
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

  1. Halo kak, kalo boleh tau pouch dan bindernya itu merek apa dan harganya berapaan ya? Btw suka banget sama post ini, super menginspirasi. Thanks kak!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivational Story!! by ardelia-putri.blogspot.com: Menuju Ilmu Komunikasi UI (Part 2/2)

Lanjutin part sebelumnya ya! Sekarang gue pengen ngasih tau gimana ceritanya setelah gue tau apa yang gue mau: Ilmu Komunikasi UI. Gue gak sadar kalo ternyata ibarat novel, saat ini dan kedepanlah yang menjadi inti ceritanya. Sementara part sebelumnya, yang bagi gue udah cukup dipenuhi segala baper dan patah hati *wedee*, ternyata cuman seperti prequel. Saat liburan kenaikan kelas 3, sama seperti anak-anak lainnya gue daftar bimbel. Ada 2 bimbel yang gue paling sering denger diomongin orang-orang: Inten dan BTA (ga sama sekali berarti bimbel diluar itu jelek, semua bimbel punya nilai plus minusnya masing-masing. Tergantung muridnya sendiri mau memanfaatkan segala sarana yang udah ada atau ngga.) Dan ga jauh dari SMA 28, kedua bimbel itu ada dengan jarak yang berdekatan. Maka dari itu, suatu hari minggu gue dan nyokap pergi kesana untuk liat dan nanya-nanya. Kita datengin inten lebih dulu, karena lebih sesuai arah. Pas baru dateng,  buset , gue pikir. Tempatnya sereeem bener. Waktu itu

SNMPTN Undangan: Universitas Indonesia - Ilmu Hubungan Internasional (Part 2: Mitos SNMPTN and questions answered)

SNMPTN to HI-UI Alhamdulillahirobbil'alamiin, segala pujian tercurah pada Rabb Mahacinta Allah SWT, Karena ini bukan cerita tentang perjuangan dan usaha saya, Ini bukan cerita tentang betapa kerasnya belajar saya, Tapi betapa Mahasayangnya Allah kepada butiran jas-jus macam saya ini yang diberinya sepasang sayap untuk terbang meraih mimpi HERE WE GO 1. Kak, kak, kalo mau undangan nilai sama rankingnya harus naik terus ya? 2. Kak, kak, kalo mau undangan harus punya banyak sertifikat ya? 3. Kak, kak, kalo mau undangan ke HI-UI harus bisa bahasa Inggris ya? 4. Kak, kak, kakak mau masuk HI pasti mau jadi diplomat? 5. Kak, kak, kakak daftar PPKB UI gak? 1. Dek, dek, jujur aja nilai dan ranking aku fluktuatif.  Nilai yang diambil untuk diseleksi masuk kuota SNMPTN adalah rata-rata semua mata pelajaran dari semester tiga sampai semester lima, yang diranking sejumlah angkatan. Jadi: jumlah  x̄ smst  3 +  x̄ smst 4  +  x̄ smst 5  dibagi 3 terus dirank

How to Organize: your Binder

Assalamualaikum Warohmatullah, Kali ini saya akan bagi-bagi tips lagi tentang hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan persekolahan yang alhamdulillah sudah saya rasakan manfaatnya tersendiri, dan saya ingin orang lain juga bisa merasakan manfaat yang sama Yaitu... Bagaimana cara saya mengorganisir (menata) binder saya Walau selama kelas 10 dan 11 saya pakai buku tulis biasa, Kelas 12 ini saya memutuskan pakai binder, Alasan saya yang pertama , biar bisa disusun sesuai kebutuhan kita Yang kedua , biar praktis , karena semua catatan ada di satu tempat, ga berceceran Yang ketiga , skeptis saya yang berfikir "Kalau pake binder kertasnya, tipis, saya kan sukanya pake pulpen gel, nanti tembus" ternyata terbantahkan . Asal beli kertasnya yang merk lumayan lah macam Kenko, ga akan nembus. Jadi saya memutuskan pakai binder tahun ini. And alhamdulillah everything is going so well:) Awalnya saya kesulitan mencatat di binder, Tadinya cara saya nulis, saya bagi 2