Langsung ke konten utama

Glasses for Your Face Shape + My Glasses Evolution




بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,
Hello teman-teman semua, hope you all are in great conditions and showered by His blessings.
Gimana sekolahnya so far? Gue harap menyenangkan.
Gue pun lagi menjalani rangkaian kegiatan mahasiswa baru wkwkw, doakan semoga lancar semua yaa..

So, in this opportunity,
Gue mau share somme knowledge tentang bagaimana cara memilih kacamata untuk tipe wajah kamu.
Kaca mata  seharusnya mampu memperindah wajah. Frame dari kaca mata dapat membingkai wajah dengan indah jika pemilihan kacamatanya benar.

PERHATIAN!! Konten blog ini banyak diambil dari video Michelle Phan (My Favorite Youtuber) yang juga udah ngasih guide how to choose your glasses, so, gue ga mau dibilang "copycat" dsb. So, tulisan ini adalah versi tertulis dan bahasa indonesia video Michelle tsb.
Oiya, dan konten kali ini agak manis karena gue banyak menggunakan aku-kamu di sini :3

So, without further do, let's get started.

Sebagai seorang yang menggunakan kaca mata, gue udah beberapa kali gonta-ganti kaca mata. Kaca mata terakhir yang gue pake sebenarnya belum gue pastikan sebagai pelabuhan terakhir bagi mata gue yang menderita miopia ini wkwkwk, tapi yaa here's some tips on how to choose glasses that fit your face shape :)

First thing first, kenali bentuk mukamu.
Ada berbagai macam bentuk muka manusia: ada yang lonjong, bulat, kotak, hati, diamond, dsb. 



Bagaimana cara mengenali bentuk mukamu?

Pertama, coba kamu ambil lipstick (kalau kamu laki-laki, coba pinjem punya mama/kakak/adik atau pake benda lain yg kapabel).
Kedua, kamu ngaca.
Ketiga, kamu mulai outline/ngegaris sesuai bentuk muka kamu.



Lalu kamu liat hasilnya..

1. Round Shape (Bulat Pendek)
Kalau pipi kamu chubby dan cenderung lebar, tapi rahang dan dahi kamu lembut dan dagu kamu gak panjang, kemungkinan besar tipe wajah kamu bulat (rounded).
Tenang aja, Miranda Kerr wajahnya bulet tapi cantiknya masha Allah kan. Makanya banggalah bagi kaum berwajah bulat seperti kita. #IyaKita #TermasukGue



Dengan wajah bulat kita, please, please, jangan maksain pake kacamata yang pure bulet juga.
Maka dari itu, manusia seperti kita lebih baik menggunakan kacamata dengan bentuk kotak (or at lease dominan sisi kotaknya) agar membuat wajah kita tampak lebih tirus.

do

don't

2. Square Shape (Kotak Pendek)
Kalau kamu punya dahi yang lebar dan rahang lebar yang kuat, bentuk mukamu adalah kotak.
Bentuk muka ini juga cantik dan very high fashioned katanya.



So, to compliment your gorgeous face shape with softer and rounder glasses. Dengan bentuk mukamu yang kuat, pilih kaca mata yang cenderung bulat supaya wajahmu terlihat lebih lembut. Kalau wajah kotakmu cenderung pepat atau agak pendek, pilih kaca mata yang duduk tinggi di hidungmu (english version: sits high on your nose) -_- Gimana ya maksudku, jadi maksud gue, kacamatanya kalau bisa jangan panjang ke bawah biar mukamu nggak terlihat makin pendek. Jadi pilih kaca matanya yang ke atas gitu. Semoga kalian paham maksud aku.
Hindari kaca mata dengan bentuk kotak juga, karena nanti muka kamu makin terlihat tegas dan ga nyante (?)

do

do

don't


3. Diamond Shape
Kalau dahi kamu kecil (ga lebar) dan rahang kamu juga nggak lebar, jadi satu-satunya bagian yang horizontal di wajahmu hanyalah pipimu, maka kemungkinan bentuk wajahmu adalah diamond.



See, jidat kecil, dagu kecil, kira-kira gini lah yaa diamond. 
Dengan bentuk muka ini, kita berusaha untuk mempertegas bentuk muka (terutama tulang pipi) dengan kacamata yang berbentuk cat-eye alias yang ujung-ujungnya lebih tinggi, atau maybe kayak bentuk sayap kali ya. Nah, bentuk yg seperti itu akan mempertegas tulang pipi kamu.
Ga disaranin untuk milih kaca mata yang bentuknya kotak turun dan panjang ke bawah karena akan menyembunyikan tulang pipi kamu.








4. Oblong Face Shape (Bulat Panjang)
Kalau mukamu cenderung bulat tapi panjaaang ke bawah, serta ga punya ketegasan pada dahi dan rahangmu (?) kemungkinan wajahmu oblong (bukan kaosmu).


Tipe wajah seperti ini, cari kaca mata yang lebar alias lensanya panjang untung mengkomplemen bentuk mukamu. Jangan pakai frame yang terlalu kecil karena akan terlihat tidak seimbang.

do

do

don't

5. Rectangle Shape (Persegi Panjang)
Kalau wajahmu punya dahi dan rahang kuat tapi bentuknya panjang ke bawah, nah, inilah nama bentuk wajahmu. 


Sama seperti square face shape di atas, gunakan frame yang cenderung bulat untuk memperhalus garis mukamu, tapiiiiii cari dengan lensa panjang untuk menyeimbangkan panjang mukamu juga. Ingat yaa jangan pakai frame terlalu kotak apalagi kotaknya kecil.






6. Heart Shape (Bentuk Hati)
Kalau dahimu lebar, tulang pipimu lumayan kuat, tapi dagumu kecil, kemungkinan bentuh wajahmu adalah hati.

Dengan bentuk ini, usahaka cari frame yang list pinggirnya tipis atau kalo bisa ga full-frame karena akan membuat wajahmu terlihat over-tegas. Cari kacamata berbentuk kotak lembut (ga pure kotak) untuk memperhalus wajahmu.




7. Oval Shape
Mungkin ini adalah bentuk wajah impian semua wanita karena proporsinya yang sempurnya. Kalau bentuk dahi, tulang pipi, dan dagumu proporsional, yaa selamat, bentuk wajahmu adalah oval.



Dan dengan bentuk wajah ini, selamat lagi, no rules for you. Kamu bisa pakai semuaaaa bentuk dan jenis kaca mata :D








So, semoga membantu guys.
Dan yaa mohon ijin ya untuk sedikit memperlihatkan evolusi kacamata saya. Karena each glasses has its own story. Photo nya pake laptop (lol) krn hape aing ga provide kamera yg bagus.




Jadi kaca mata pertama dibeli waktu kelas 10 di Optik Melawai (Rugi abis) karena waktu itu belum ngerti. Awalnya gue ngerasa mata aku burem dan pas di tes ternyata minus 1,1 dan yeah itulah pertama kali gue pake kaca mata. Rasanya kayak pandangan lo terbatasi oleh frame dan ga bisa melihat (tepatnya: ngelirik) dengan sudut mata. Terus naik tangga rasanya awkward kayak mau jatuh :( Dan waktu pake kaca mata ini aku masih belum full 100% pake (kalo mau belajar doang makenya)

Lalu, sebenernya gue punya kaca mata ke dua (bukan yg foto kedua tapi bentuknya mirip), dan ini dibeliin aunty gue di Melawai juga which once again is rugi banget. Saat itu baru banget hits kaca mata yang full frame dan gue mau ikutan pake juga. Gue inget banget lensa ini pake lensa merk Melawai  yang kualitasnya jelek bgt dan kacamata rasanya burem dan gampang kotor. Ga nyaman deh. Mungkin karena kurang bersyukur, suatu ketika, gue jalan-jalan ke anyer, lalu main di pantai. Tiba-tiba secara dramatis gue ditampar ombak dan ombak tsb ngambil kaca mata gue -_- yaudahlah ikhlasin aja buat si Nyi #eh

Lalu di kacamata ketiga gue adalah kaca mata kedua di foto. Sudah cerdas nih, belinya di Optik Surabaya ITC Depok. Pake lensa essilor yang kualitasnya super bagus plus frame Levi's asli, harganya tetep ga mahal. Tapi lama kelamaan gue merasa kayak batman pake kaca mata ini, so gue decided untuk ganti. Salah satu alasan gue ganti juga adalah karena frame nya menutupi alis gue yang gue sangat sayangi ini.

Frame keempat juga nggak ada di foto, nanti gue update blog nya kalo kacamatanya udah ketemy tapi yang pasti bentuknya bulet cat eye gitu. Salah memang beli kaca mata bentuk bulet. Jadi kaca mata ini dibeliin tanteku persis samaan dengan beliau karena di tante dan sepupuku jatohnya baguuuus banget (muka mereka oval proporsional). Dan aku waktu itu ngerasa "ohh mungkin di mukaku jatohnya akan sebagus mereka". Tapi lama kelamaan ayahku sebel liat mukaku yang dragged my face down, so abis daful UI gue dibeliin kaca mata baru.

Bokap gue lah yang beliin dan milihin kaca mata no.3 di foto. Lucu sihh suka, dan kaca mata ini terang banget kalo di rumah selalu gue pake karena super nyaman. Tapi, dengan frame metal pada kacamata ini gue ngeri kalo-kalo gue begajulan dan teledor bergerak sembarangan. Karena frame metal ga elastis jd lebih gampang rusaknya walau yaa lebih kuat dan tahan lama. Plus, kadang-kadang gue masih pengen pake kaca mata full frame. Maka dari itu gue mutusin untuk beli kaca mata satu lagi yang full frame biar bisa ada backup nya.

Kaca mata terakhir itulah jawabannya. Beli di Tamcit tepatnya di Optik Saudara. Harganya murah bangett. Elastis bisa dilekuk lekukin gitu jadi framenya kayak nari ballet. Dan kaca mata ini yang paling sering gue pake ke luar rumah.

So, which one yang menurut kalian suit me the most?
Thanks for reading.
Have a great days ahead.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivational Story!! by ardelia-putri.blogspot.com: Menuju Ilmu Komunikasi UI (Part 2/2)

Lanjutin part sebelumnya ya! Sekarang gue pengen ngasih tau gimana ceritanya setelah gue tau apa yang gue mau: Ilmu Komunikasi UI. Gue gak sadar kalo ternyata ibarat novel, saat ini dan kedepanlah yang menjadi inti ceritanya. Sementara part sebelumnya, yang bagi gue udah cukup dipenuhi segala baper dan patah hati *wedee*, ternyata cuman seperti prequel. Saat liburan kenaikan kelas 3, sama seperti anak-anak lainnya gue daftar bimbel. Ada 2 bimbel yang gue paling sering denger diomongin orang-orang: Inten dan BTA (ga sama sekali berarti bimbel diluar itu jelek, semua bimbel punya nilai plus minusnya masing-masing. Tergantung muridnya sendiri mau memanfaatkan segala sarana yang udah ada atau ngga.) Dan ga jauh dari SMA 28, kedua bimbel itu ada dengan jarak yang berdekatan. Maka dari itu, suatu hari minggu gue dan nyokap pergi kesana untuk liat dan nanya-nanya. Kita datengin inten lebih dulu, karena lebih sesuai arah. Pas baru dateng,  buset , gue pikir. Tempatnya sereeem bener. Waktu itu

SNMPTN Undangan: Universitas Indonesia - Ilmu Hubungan Internasional (Part 2: Mitos SNMPTN and questions answered)

SNMPTN to HI-UI Alhamdulillahirobbil'alamiin, segala pujian tercurah pada Rabb Mahacinta Allah SWT, Karena ini bukan cerita tentang perjuangan dan usaha saya, Ini bukan cerita tentang betapa kerasnya belajar saya, Tapi betapa Mahasayangnya Allah kepada butiran jas-jus macam saya ini yang diberinya sepasang sayap untuk terbang meraih mimpi HERE WE GO 1. Kak, kak, kalo mau undangan nilai sama rankingnya harus naik terus ya? 2. Kak, kak, kalo mau undangan harus punya banyak sertifikat ya? 3. Kak, kak, kalo mau undangan ke HI-UI harus bisa bahasa Inggris ya? 4. Kak, kak, kakak mau masuk HI pasti mau jadi diplomat? 5. Kak, kak, kakak daftar PPKB UI gak? 1. Dek, dek, jujur aja nilai dan ranking aku fluktuatif.  Nilai yang diambil untuk diseleksi masuk kuota SNMPTN adalah rata-rata semua mata pelajaran dari semester tiga sampai semester lima, yang diranking sejumlah angkatan. Jadi: jumlah  x̄ smst  3 +  x̄ smst 4  +  x̄ smst 5  dibagi 3 terus dirank

How to Organize: your Binder

Assalamualaikum Warohmatullah, Kali ini saya akan bagi-bagi tips lagi tentang hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan persekolahan yang alhamdulillah sudah saya rasakan manfaatnya tersendiri, dan saya ingin orang lain juga bisa merasakan manfaat yang sama Yaitu... Bagaimana cara saya mengorganisir (menata) binder saya Walau selama kelas 10 dan 11 saya pakai buku tulis biasa, Kelas 12 ini saya memutuskan pakai binder, Alasan saya yang pertama , biar bisa disusun sesuai kebutuhan kita Yang kedua , biar praktis , karena semua catatan ada di satu tempat, ga berceceran Yang ketiga , skeptis saya yang berfikir "Kalau pake binder kertasnya, tipis, saya kan sukanya pake pulpen gel, nanti tembus" ternyata terbantahkan . Asal beli kertasnya yang merk lumayan lah macam Kenko, ga akan nembus. Jadi saya memutuskan pakai binder tahun ini. And alhamdulillah everything is going so well:) Awalnya saya kesulitan mencatat di binder, Tadinya cara saya nulis, saya bagi 2