Langsung ke konten utama

Life Updates

Assalamualaikum, dear friends. Hope you all are in good condition and showered by His blessing.
So, today, gue minta maaf krn gue akan ngasih "Ideas Post" buat kalian,
krn entah kenapa I feel like I want to just share my life.
Maaf kalo sebagian dari kalian ada yang kecewa, inshaAllah as soon as this hell month over, gue bisa post more organzation ideas and study related things.

So first, gue mau minta maaf karena tulisan gue di post sebelumnya (glasses) font nya ada yang besar ada yang kecil. Sumpah gue udah berusaha untuk ngedit terus tapi ga tau kenapa begitu di publish selalu gitu lagi. Ada yg tau knp gak? Kalo ada, please help me :(

Kedua, I've been really busy with these whole maba life.
Kalian bisa liat jadwal gue.


Dan sumpah ya, misalnya emang ada hari libur kayak tanggal 9 dan hari ini (tanggal 11), itu pasti gue tetep bakalan ke kampus untuk ngerjain tugas bareng kelompok.

Jadi rangkaian Ospek ini (yang udah ga secara resmi disebut "ospek") terdiri dari beberapa tingkatan:
- Ospek tingkat universitas : Orientasi Kegiatan Kampus (OKK) UI 2016
- Ospek Fakultas : Pengenalan Sistem Akademis Fakultas (PSAF) FISIP 2016
- Ospek Jurusan : Temu Keluarga Hubungan Internasional (TKHI) 2016

Dan katanya, urutan prioritasnya malah terbalik: jurusan, fakultas, universitas.
Dan gue paling paling paling semangat dengan PSAF, sumpah. Gue semangat banget.

Kalo di kegiatan tingkat UI, setiap dateng dan pulang kita bakalan dikasih kartu "datang" dan kartu "pulang", dimana di akhir rangkaian maba ini kartu-kartu tersebut akan ditukarkan oleh JAKET KUNING! Kalo kartunya ga lengkap, jakunnya DITUNDA TIGA BULAN! mamam kan.
Disaat univ lain jakunnya langsung dibagiin, di UI butuh PERJUANGAN untuk dapetinnya.

Masalahnya, Dan least favorite gue tuh yang kegiatan-kegiatan UI karena mentally exhausting :( Maaf yaa panitia, semoga bisa jadi masukan.
Setiap kegiatan di UI tuh dilaksanakan di Balairung UI, hall sbg tempat yang bisa menampung satu angkatan 2016. Gue aja pusing ngeliat manusia banyak banget, gimana yang introvert. Inilah pertama yang membuat gue sedikit mentally exhausting, but ga bisa komplain soal ini.

Jadi apa aja kegiatan yang diadain UI yang non-ospek?
Pertama, ada padus setiap hari minggu. Applause and appreciate penuh sama Pak Dibyo yang berhasil membuat paduan suara dari 7000 orang maba selama 33 tahun, which is bokap nyokap gue dulu juga diajarin beliau. Tapi masalahnya, padus dari jam 8-12.30 tuh ga efektif bgt pemakaiannya. Sumpah ya, latiannya kyk cuman full 2 jam sisanya ga jelas dengan segala reality show yang ada di depan. Ihhhhh, mendingan gausah tiap minggu tapi seriussss.
Lalu Display Unit Kegiatan Mahasiswa (kayak display ekskul kalo di sekolah) kemarin, sumpah itu exhausting banget. Supposed to be menghibur padahal, tapi jatohnya malah bikin lelah, mungkin karena ga semuanya amusing dan yang ada gue merasa kyk cuman disuruh duduk aja liat kedepan tnp merasa terhibur. BAHKAN PARAGITA (padus UI yang udah go internasional) GA TAMPIL omg ini mengecewakan banget!
Terus ada juga nih yaa kemarin, nama kegiatannya PCK, Program Cinta Kampus dimana kita disuruh bersih-bersih UI. Rangkaian acaranya dari jam 06.00-16.15, gila gak? Kelompok gue ga berat sih, disuruh nanem pohon. Habis itu ada penyuluhan ttg cara menggunakan alat pemadam api. NAH, abis itu, jam 11 kurang kita balik ke balairung dan dari jam satu siang sampe jam empat seperempat sore kita disuruh duduk dengerin penyuluhan which is keadaan kita udah capek dan the whole acara gue ga bisa nikmatin :(

Jujur, bulan Sebenernya emang rada-rada ngeselin sih, krn dibuat like kami adalah robot.
Saat univ-univ lain udah pada selesai ospek dan bahkan mingdep udah mulai kuliah, gue masih lepek aja di sini.
Rasanya pengen banget bolos dan titip kartu dll.
But back again, gue sudah memilih ini.
Gue sudah memilih Universetas Indonesia, kampus terbaik se Indonesia.
Gue harus bertanggung jawab dengan segala yang rangkaian yang mereka buat untuk gue (kami).
Gue harus menghargai panitia yang udah susah-susah arranged acara ini dari awal.
Gue harus commit.
Gue pengen dapet jakun UI dengan cara yang baik. Dah. Itu aja.

Okay, sekarang gue akan menceritakan rangkaian kegiatan ospeknya.
Kalo kali ini gue inshaAllah ga punya keluhan karena yaa ini bisa diterima sama gue.

Mulai dari OKK UI yaa.
Jadi, besok gue OKK wakakakak.
Pake baju putih, bawahnya hitam. Bentar lagi gue akan pergi untuk beli rok SMK.
Lalu, di OKK ini gue masuk ke kelompok 162, dan inilah kelompok gue.

spot me

Jadi itu foto pas PCK kemarin. Jadi pas PCK, biar bocahnya lebih terorganisir kali yaa jadi dipakailah  kelompok OKK.


Lalu ada juga kelompok PSAF YEAYYY!
Nanti PSAF diadain tanggal 15-19 tapi kepotong 17 Agustus.
Sumpah yaa, bond paling kuat gue rasain sama temen-temen PSAK gue ini.
DAAAAN di sini gue punya dua orang mentor, namanya Kak Aqsa (Ilmu Politik 2012) dan Kak Ami (Ilmu Komunikasi 2015) dan gue sayang bgt sama mereka. Mereka juga kayaknya sih sayang bgt sm kami juga wakakka. 
Bond itu dimulai saat kita mentoring informal dimana kita bisa saling sharing apapun tentang apapun mulai dari kehidupan perkualiahan, percintaan, movies, sampe cerita hantu. 
Kak Ami orangnya sangat ekstrovert dan sangat supel. Menyenangkaaaaan banget. 
Kalo Kak Aqsa lebih dewasa (yaiyalah), gue suka nanya-nanya tentang a guy's perspective sama beliau. Oiya, kak aqsa udah sidang skripsi dan tinggal wisuda, senangnyaaaa. Oiya, dan pacarnya Kak Aqsa anak kom malahan udah lulus duluan (3,5 tahun)!! Hebat yaaaa mereka <3
Pokoknya gue seneng bgt sama kedua mentor gue ini.
DAN gue juga sayang banget sama temen-temen sekelompok gue!


 Itu foto di atas diambil pas kita wawancara kak shofyn (Kerudung biru di tengah) tentang pandangannya about FISIP UI (emang tugas PSAF). Dari kiri atas ke kanan bawah, itu ada Bintoro (Kom), Sandra (Kom KKI), Kak Sofyn (Ilpol 2015), Nita (Kom), Fajar (Antrop), dari kiri bawah ada Boni (Sosio), gue, dan di paling kanan adalah Kak Amiiii.
Anggotanya kurang di foto ini, masih ada Dinda (Kom) dan Yoga (Krimino) dan ga ada Kak Aqsa yang waktu itu lagi mau lari supaya pas wisuda badannya bagus katanya wakakak!


Yang di atas adalah foto "apa yang mau anda lakukan di fisip" (tugas juga), dan foto itu melambangkan bahwa gue ingin belajar sambil berteman HEHEEUHEHEU! Tapi sumpah gue bener-bener ingin belajar dan berteman. Gue juga pengen daftar DPM sih tapi takut sibuk banget jadi masih mempertimbangkan.

Semoga PSAF besok bisa menjadi hal yang gak terlupakan untuk FISIP UI 2016!


DAAN yang terakhir ada ospek jurusan HI.
Di sini gue sebenernya belum terlalu banyak tau, paling ngerjain tugas pas Pra-TKHI nya bareng kelompok gue. Dan inilah kelompok gueee...



Jadi itu adalah tugas foto kelompok yang wajib pake gaya.
Nama kelompok kita kan Red Mercury. 
Jadi tema nama kelompok-kelompok TKHI'16  adalah "konspirasi". Kakaknya yang milihin, kreatif yaa. Ada yang supersemar, Men in Black, Bay Pigs, dll. Kelompok gue sendiri (Red Mercury) diambil dari konspirasi mitos bom nuklir bernama "red mercury". Untuk jelasnya, baca sendiri lah yaa. Kita pake dress code hitam-hitam ceritanya kita teroris gituuu wakakak.
Oiya, gue kenalin kelompok gue yaa pake foto yang kedua.
Dari kiri ke kanan ada Ichsan, Neta, gue, Thea, dan Julian. Semangat yaa kita, guyss! <3

..

Dan itulah cerita kegiatan gue yang padat selama sebulan ini wakakaka.
Bismillah, dengan nama Allah gue harus ikhlas ngejalanin semuanya dengan senang hati.
Udah ada di sini, yaa inilah tanggung jawab yang harus gue jalankan.
Jalanin aja dengan hati ikhlas, semoga semuanya barokah eaaaaa.




Komentar

  1. http://discoverjakarta.tv/id_ID/eps-46-event-okk-ui-2016-hari-pertama/
    Ini video highlight dari hari pertama OKK UI 2016

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivational Story!! by ardelia-putri.blogspot.com: Menuju Ilmu Komunikasi UI (Part 2/2)

Lanjutin part sebelumnya ya! Sekarang gue pengen ngasih tau gimana ceritanya setelah gue tau apa yang gue mau: Ilmu Komunikasi UI. Gue gak sadar kalo ternyata ibarat novel, saat ini dan kedepanlah yang menjadi inti ceritanya. Sementara part sebelumnya, yang bagi gue udah cukup dipenuhi segala baper dan patah hati *wedee*, ternyata cuman seperti prequel. Saat liburan kenaikan kelas 3, sama seperti anak-anak lainnya gue daftar bimbel. Ada 2 bimbel yang gue paling sering denger diomongin orang-orang: Inten dan BTA (ga sama sekali berarti bimbel diluar itu jelek, semua bimbel punya nilai plus minusnya masing-masing. Tergantung muridnya sendiri mau memanfaatkan segala sarana yang udah ada atau ngga.) Dan ga jauh dari SMA 28, kedua bimbel itu ada dengan jarak yang berdekatan. Maka dari itu, suatu hari minggu gue dan nyokap pergi kesana untuk liat dan nanya-nanya. Kita datengin inten lebih dulu, karena lebih sesuai arah. Pas baru dateng,  buset , gue pikir. Tempatnya sereeem bener. Waktu itu

SNMPTN Undangan: Universitas Indonesia - Ilmu Hubungan Internasional (Part 2: Mitos SNMPTN and questions answered)

SNMPTN to HI-UI Alhamdulillahirobbil'alamiin, segala pujian tercurah pada Rabb Mahacinta Allah SWT, Karena ini bukan cerita tentang perjuangan dan usaha saya, Ini bukan cerita tentang betapa kerasnya belajar saya, Tapi betapa Mahasayangnya Allah kepada butiran jas-jus macam saya ini yang diberinya sepasang sayap untuk terbang meraih mimpi HERE WE GO 1. Kak, kak, kalo mau undangan nilai sama rankingnya harus naik terus ya? 2. Kak, kak, kalo mau undangan harus punya banyak sertifikat ya? 3. Kak, kak, kalo mau undangan ke HI-UI harus bisa bahasa Inggris ya? 4. Kak, kak, kakak mau masuk HI pasti mau jadi diplomat? 5. Kak, kak, kakak daftar PPKB UI gak? 1. Dek, dek, jujur aja nilai dan ranking aku fluktuatif.  Nilai yang diambil untuk diseleksi masuk kuota SNMPTN adalah rata-rata semua mata pelajaran dari semester tiga sampai semester lima, yang diranking sejumlah angkatan. Jadi: jumlah  x̄ smst  3 +  x̄ smst 4  +  x̄ smst 5  dibagi 3 terus dirank

How to Organize: your Binder

Assalamualaikum Warohmatullah, Kali ini saya akan bagi-bagi tips lagi tentang hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan persekolahan yang alhamdulillah sudah saya rasakan manfaatnya tersendiri, dan saya ingin orang lain juga bisa merasakan manfaat yang sama Yaitu... Bagaimana cara saya mengorganisir (menata) binder saya Walau selama kelas 10 dan 11 saya pakai buku tulis biasa, Kelas 12 ini saya memutuskan pakai binder, Alasan saya yang pertama , biar bisa disusun sesuai kebutuhan kita Yang kedua , biar praktis , karena semua catatan ada di satu tempat, ga berceceran Yang ketiga , skeptis saya yang berfikir "Kalau pake binder kertasnya, tipis, saya kan sukanya pake pulpen gel, nanti tembus" ternyata terbantahkan . Asal beli kertasnya yang merk lumayan lah macam Kenko, ga akan nembus. Jadi saya memutuskan pakai binder tahun ini. And alhamdulillah everything is going so well:) Awalnya saya kesulitan mencatat di binder, Tadinya cara saya nulis, saya bagi 2