Langsung ke konten utama

SNMPTN Undangan: Universitas Indonesia - Ilmu Hubungan Internasional (Part 3: My Personal Story + rahasia kiat sukses)

edited version on Wednesday, April 25th 2016.
(WARNING: LONG POST)

Assalamualaikum temen-temen semua, hope you all are in the grace of Allah and embraced by His Mercy.

Malam-malam gini emang prone to baperness ya,
so postingan ini dimulai dengan sedikit curhat ya,
kalo ga mau liat curhatnya bisa langsung scroll ke bawah sana ada nanti palang gede "SNMPTN to HI UI".

Oke,
Saat ini gue lagi di kamar oma, sambil jagain beliau dari nyamuk. Entah kenapa malam ini banyaaaaak banget semut besar yang ngikutin gue. Semut selalu bikin gue dilema, mereka bikin gemes untuk disingkirkan, tapi dilain sisi mereka tentara Allah yang ga boleh dibunuh. Lagipula gue juga udah pernah cerita kan kalo gue pernah ketulah krn semut.

Oiya, besok gue harus verifikasi rapor di UI. Ya Allah mudahkan segala prosesnya sampaaaai hambaMu si butiran jasjus ini beneran resmi jadi mahasiswi HI-UI. Doakan ya semoga semuaaa prosesnya lancar, aamiiin Yaa Wakiil.
Terus seminggu lebih dikit lagi temen-temen gue akan menjalani SBMPTN, Ya Allah mudahkan mereka menggapai mimpi dan cita-cita mereka, mudahkan mereka untuk bisa membahagiakan kedua orang tua mereka.

Huft, sejak dua hari lalu, bunda dan Naila pergi ke Jogja. Jadi Naila lagi semacam jalan-jalan untuk perpisahan seangkatan, sedangkan bunda selaku koordinator kelas jadi harus ikut. Akhirnya Sasqia dapet kerjaan. Pagi-pagi harus bangun, bantuin oma nyiapin sarapan dan bekal buat ayah dan adik-adik gue yg sisa dua di rumah. Lalu jam setengah tujuh bangunin Zidane, mandiin, pakein baju, nyuapin sarapan, dan nganter dia ke sekolah. Pagi ini pake tragedi salah baju pula jadi harus balik ke rumah, ambilin seragam hari itu, balik ke sekolah dia, gantiin dia baju, dan pulang lagi.
That was kinda fun actually, sekalian olahraga dan belajar punya anak.

Ngomong-ngomong punya anak, sekarang gue juga lagi sibuuuuk banget mempercantik diri sebagai investasi masa depan untuk suami gue kelak.
Tiap tiga hari sekali gue masker rambut gue pake santen, telor, kemiri, alpukat, dll selang seling.
Terus muka juga dipakein jeruk nipis yang walau rada menyengat dan cekit-cekit tapi bismillah demi future husband tercinta.
Nggak lupa restore my inside, tiap pagi juga gue usahain banget untuk minum jus, huh semoga istiqomah. Oiya dan memperbanyak minum air putih juga supaya taubuh ini ga dehidrasi, plus, bisa melembabkan kulit juga.
Juga sedang sangat berusaha memperbaiki perilaku dan diri ini. Mulai berfikir lebih panjang dan tidak egois. Mulai peduli lingkungan dan keluar dari alam pikiran gue sendiri which is a natural thing sebenernya for an Intuitive person.
Pokoknya berusaha mempersiapkan diri sebagai istri dan ibu, doain yaa mantemannn :( Niatnya pengen nikah muda nih, semoga jodoh udah nangkring di UI hehe aamiin.

Oiya, terus setiap malem habis maghrib gue dapet amanah dari bunda untuk ngajarin Zidane since dia lagi UKK sekarang utk naik ke kelas dua. Alhamdulillah, jadi paham sekarang gimana caranya ngajarin bocah belajar. The more I know.

Cerita lagi, Bunda dulu selalu ngehandle gue, Naura, dan Niaila setiap mau ulangan. Bunda bikin rangkuman dari buku paket kita, terus di print, terus kita belajar, habis itu di test sama Bunda. Pantesan ya gue SD selalu ranking satu pararel, eh ga deng, karena Bunda handle kita sampe kelas tiga SD doang, awal-awal lepas dari Beliau, kelas tiga semester dua gue ranking dua, wkakaka, sedihnyaaa bukan maen saat itu. Setelah itu gue bertekad kembali ke sistim yang bunda ajarin ke gue selama tiga tahun, alhasil selanjutnya selalu nyabet ranking satu pararel lagi deh selama SD.
Tapi masa kejayaan itu berlangsung hanya pas SD. Begitu masuk SMP, bbbaaah, susah bener nyangkut di 3 besar KELAS doang, pararel udah ga ngarep. Apalagi SMA, masyaAllah jangan tanya ya, malu, wkwk. 
Oiya, Bunda tuh sama sekali tidak berambisi supaya anaknya ranking or whatever, tapi Beliau berprinsip untuk mengajarkan tanggung jawab pada kami sejak kecil. Tanggung jawab itulah yang nempel sama kami sampai sekarang, walau sudah tak semudah dulu menyabet ranking-ranking kelas dan pararel.
Ga ada riya di sini, Allah tau niat gue. Gue cuman pengen sharing aja. Siapa tau bisa ngambil pelajaran dari sini.



Selesai curhatnya,
mulai postingan intinya.

My Personal Story SNMPTN to HI UI




Oiya, sebelumnya, jadi inget, posting pertama gue tentang "what is this blog made for" alhamdulillah atas izin Allah sudah selesai pembuktiannya. Sudah selesai pembuktiannya which is baru dimulainya suatu perjalanan baru bagi gue.

Masuk HI UI itu rahmat Allah, sama sekali bukan karena usaha gue. Bahkan gue merasa HI UI itu maybe tadinya wasn't meant to be mine, tapi karena doa bunda ayah, doa orang-orang yang mendoakan gue, kedahsyatan surat Alwaqiah, dan miracle-miracle lain yang atas izin Allah mampu mengubah HI UI menjadi takdir gue. 
Wong gue sempet sangat pesimis dan mikir untuk masukin ke HI Unpad aja, eh abis itu makin pesimis mikir masukin ke HI Undip aja (tadinya). Gue sama sekali ga bilang HI Unpad dan Undip jelek ya, mereka amazingly ultra mega super cool, apalagi di Undip jurusan baru so mereka datengin dosen-dosen yang super berkualitas untuk mendidik mahasiswanya. But maybe karena HI UI dianggap paling susah masuknya, jadi ya dianggap juga lebih prestise, I don't know, they're all cool, it's just your personal preferences.
Yaa intinya hanya doa yang bisa mengubah takdir.

Ga ada riya di hati ini tapi gue bermaksud untuk menyebar rahasia kiat sukses gue kemarin, karena siapa tau bermanfaat, silahkan diikuti yaa.


JADIIIIIIIIII, semua titik balik gue dimulai saat akhir semester lima, dimana hati gue sempet bergejolak karena hal yang gue juga geli sendiri mau nyeritainnya, biasalah remaja, but still, it's an ewwwhish guy-bout bluish thingy feeling.  
Kalian yang lebih tau lah tentang urusan hati dan perasaan and all those stuff.

So, walau gue rada galau saat itu tapi gue tau galau itu alay,
dan gue orangnya anti alay, gue tidak mau embrace any alayness. So what I did was............. I turned back to Allah, that was the best decission I have ever made alhamdulillah.

Gue memulai amalan amalan yang dulu gue lakuin di kelas sembilan but I think that won't be enough since my goal is as big as HI UI and my push is just cannot be that much only.
Perlu diingat, bahwa saat itu gue telah melakukan ikhtiar dari semester satu sampai semester lima. Ketika masuk semester enam, gue udah ga bisa melakukan apa-apa lagi terhadap rapor gue since penilaian SNMPTN udah selesai. So bukan berarti amalan-amalan dibawah ini tanpa diiringi usaha yaa, ikhtiar itu harus, sebagai pembuktian niat kita kepada Allah.

So I browsed and browsed browsed the boat gently down the stream (nyanyi),
dan gue dikasih Allah hidayah untuk mengamalkan hal-hal ini:


1. DAHSYATNYA SURAT ALWAQIAH!
MasyaAllah, bener-bener, dahsyat banget testimoni orang-orang.
Yang dari miskin jadi miliarder, dari ini (sesuatu yg kecil) menjadi itu (sesuatu yang besar), dll yang intinya ini surat wonderful bgt.

Jadi kata uztad Yusuf Mansur, tiap sebeum ashar dan sebelum subuh, kita baca tiga sampai 111 kali:

"Yaa Razzaqu, Yaa Fattahu, Yaa Muhawwilal Ahhwali, hawwil haa lanaa ilaa ahsanil haal. Hasbunallah wa ni'mal wakiil. ni'mal mawla wa ni'man nashiir. Laa haula wala quwwata illa billah"

artinya:

Wahai Allah Yang maha membuka,
Yang Maha memberi Rezeki, Yang Maha mengubah keadaan,ubahlah keadaan kami keadaan yang lebih baik lagi.. cukuplah Allah sbg pelindung dan penolong.tiada daya upaya kecuali daya upayanya Allah

Nah, pas banget kan buat keadaan gue yang minta mengubah keadaan gue, dari ga mungkin menjadi mungkin, dari susah menjadi mudah. 
Gue baca aja tuh pagi sore, kadang pagi doang atau sore doang, semampunya.
Cara ngamalinnya gimana?
Naaaaah, baca doa itu 3--111x (biasanya tiga doang wkwk) lalu dilanjutin dengan baca surat Alwaqiah. Alwaqiah itu suuratul ghina (surat kekayaan) tjoey, surat kekayaan.
Kata rasul, kalo kita baca alwaqiah setiap malam, kita tidak akan tertimpa kefakiran seumur hidup. Nah, dalam case ini kan gue minta kesuksesan dalam dunia pendidikan gue, so, gue mintanya dibalas dengan hal tersebut.

Kira kira bulan januari sampai saat ini inshaAllah masih konsisten sama waqiah nya, walau suka lupa baca doa pengawalnya. 

Rasain sendiri deh hidup jadi lurus, banyak keberuntungan dan miracle. Rasanya ya, dorongan yang harus diberikan sebagai bentuk usaha kita terhadap sesuatu itu lebih sedikit, karena sebagian besar sudah didorong sama si waqiah atas izin Allah. Makanya waktu UN gue belajar cuman seminggu tapi ngemis-ngemis sama Allah pake waqiah yang dikencengin, alhamdulillah NEM 505,5 kesabet juga, semua atas izin Allah.

Ini bener-bener tips aku nomor satu deh. Jaminan mutu banget dan dibalasnya cepat. Usahain juga dibaca pas sholat, pahalanya bisa beratus-ratus kali lipat.

2. Membaca Yasin setiap hari 
Yasin itu jantungnya alquran, katanya baca yasin sekali pahalanya sama kayak ngekhatamin quran sepuluh kali lho, siapa yang ga tergiur coba. Yaudah di istiqomahin deh setiap hari baca Yasin, untuk tabungan di hari akhir nanti. Gue juga sangat yakin ini yang membantu mengangkat derajat gue dari karang setan ke titik dimana Allah naro gue sekarang.

Saking bagusnya surat ini, malaikat sampe nanya "Bagus benar ayat itu Ya Allah, untuk siapa ayat tsb diturunkan?" lalu dijawab sama Allah bhw Yasin ini Dia turunkan khusus untuk ummat nabi akhir zaman (Nabi Muhammad). Spesial banget kan? Sayang kalo dilewatkan.

Lebih lanjut, coba chek di sini http://belajar-tobat.blogspot.co.id/2015/09/1001-khasiat-dan-manfaat-surah-yasin.html

Aku cuman bisa ngasih testimoni yaa bahwa hidup gue jauh lebih ringan dengan surat ini. Perpaduan Yasin dan Alwaqiah itu membuat gue berani bermimpi tinggi, membuat gue men-set goals yang besar tanpa ada rasa minder atau takut, karena gue yakin Allah pasti tolong gue. Tanpa kedua surat itu mungkin gue ga berani masukin HI UI ke SNMPTN, tanpa surat itu gue ga yakin bisa dapet NEM UN kepala lima.

Gue mohon dicoba yaa teman-teman, kita bermimpi tinggi dan sukses bareng-bareng.


3. Jangan lupa infaq dan sodaqoh 
Sodaqoh itu powerful banget, ga diragukan lagi. Shodaqoh sama sekali ga ngurangin rizki, justru menambahnya.

Gue sendiri ngerasain banget kalau flow money udah macet, rasanya uang tuh habiiis mulu dan terlampau ngepas, gue sadar berarti gue kurang sodaqoh. Nah begitu sodaqoh mulai deh perlahan-lahan isi dompet nambah.

Magic ya?

(Dan ini the most important thing of all) 
4. JAGA SHOLAT 5 WAKTU dan MINTA DOA ORANG TUA TERUTAMA IBU
Ini pondasinya, bakal susah kalo pondasinya rapuh, istananya ga bakal kuat.
Sholat tiangnya agama. Ya tau lah apa yang terjadi kalau tiangnya saja sudah rapuh.

Kalo orang tua itu adalah "keramat berjalan", kagak perlu ke dukun kalo punya hajat, cukup minta doa nyokap aja. Doa ibu kepada anaknya bagaikan doa nabi pada ummatnya :')


5. Berdoa ketika safar (perjalanan jauh)
Another thing yang gue yakini memboost doa gue adalah.... doa saat gue safar dulu.
Doa seorang yang safar pasti dikabulkan oleh Allah, itu hadistnya. 

Jadi Desember 2015 gue sekeluarga liburan ke puncak 4 hari, di sana gue ga cuman sekedar liburan doang tapi doaaaa sebanyak banyaknya minta hal-hal yang gue inginkan.
Gue inget waktu ayah gue nyetir pulang, itu hujan +  gelap + ngebut + menakutkan dan saat itu gue malah berdoa 'Ya Allah berilah hamba SNMPTN Undangan ke Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional'. Gue yakin sih disaat safar bagian yang mengerikan seperti itu Allah pasti mendengar doa gue.

So, kalau lo lagi safar, jangan lupa banyak-banyak berdoa yaaaaa...

6. Berdoa ketika dizolimi orang
Lalu kalau kita dizholimin orang, say: "Alhamdulillah" karena doamu saat itu takkan ditolak oleh Allah. Gue pernah merasa dizolimin orang, sebenernya nyokap sih yang dizolimin tapi sebagai anak gue nangis lah dihadapan Allah sambil berdoa "Ya Allah sesungguhnya kami sedang dizholimi, Engkau tau bahwa jika hamba mendapat SNMPTN ke HI UI, mereka tidak bisa mencela bunda hamba lagi. Maka Ya Allah izinkan hamba mendapatkannya agar bunda hamba bisa berdiri tegak di hadapan mereka" dan alhamdulillah sekarang orang-orang itu kagak bisa cuap cuap lagi sama nyokap.

7. Manfaatkan hari jumat
Another important thing is SELALU MULIAKAN HARI JUMAT. Ya Allah hari jumat itu powerful banget. Malemnya baca Yasin dan Alwaqiah, hari jumatnya baca Alkahf. Jangan lupa sodaqoh. Setelah ashar menjelang maghrib, itu waktu mustajabnya doa dikabulin. Doa yanggg banyak di saat itu. Jaminan mutu very powerful.

8. Manfaatkan Hari Rabu dalam rentang waktu Setelah Zuhur sampai Sebelum Ashar
Mungkin belum banyak yang tau kalau abtara zuhur dan ashar di hari rabu adalah waktu mustajabnya doa, gue personally juga belum lama tau ini. So, banyak-banyak berdoa di saat mustajabah itu yaa...

9. Banyak-banyak menolong orang agar ditolong juga sama Allah.
Kalo gue personally sih suka bagi-bagi rangkuman, terutama ke temen-temen NF gue, soalnya kalo di 28 kan sangat individualistis so sepertinya lebih barokah kalo gue ngasih ke temen-temen NF. Terserah lo sih mau nolong dengan cara apa, yang penting ikhlas biar barokah.

10. Lakukan amal-amal rahasia yang cuman kamu dan Allah sendiri yang tau.
This is the most fun tip of all: Buat kisah cinta rahasiamu sendiri yang cuman kamu dan Allah yang tau :)

That's all for tonight, udah jam 2.15 pagi dan besok masih in charge ngurusin rumah. Semoga bermanfaat, wassalamualaikum.

(edited: Rabu, 25 Mei 2016 - 9.25 WIB)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivational Story!! by ardelia-putri.blogspot.com: Menuju Ilmu Komunikasi UI (Part 2/2)

Lanjutin part sebelumnya ya! Sekarang gue pengen ngasih tau gimana ceritanya setelah gue tau apa yang gue mau: Ilmu Komunikasi UI. Gue gak sadar kalo ternyata ibarat novel, saat ini dan kedepanlah yang menjadi inti ceritanya. Sementara part sebelumnya, yang bagi gue udah cukup dipenuhi segala baper dan patah hati *wedee*, ternyata cuman seperti prequel. Saat liburan kenaikan kelas 3, sama seperti anak-anak lainnya gue daftar bimbel. Ada 2 bimbel yang gue paling sering denger diomongin orang-orang: Inten dan BTA (ga sama sekali berarti bimbel diluar itu jelek, semua bimbel punya nilai plus minusnya masing-masing. Tergantung muridnya sendiri mau memanfaatkan segala sarana yang udah ada atau ngga.) Dan ga jauh dari SMA 28, kedua bimbel itu ada dengan jarak yang berdekatan. Maka dari itu, suatu hari minggu gue dan nyokap pergi kesana untuk liat dan nanya-nanya. Kita datengin inten lebih dulu, karena lebih sesuai arah. Pas baru dateng,  buset , gue pikir. Tempatnya sereeem bener. Waktu itu

SNMPTN Undangan: Universitas Indonesia - Ilmu Hubungan Internasional (Part 2: Mitos SNMPTN and questions answered)

SNMPTN to HI-UI Alhamdulillahirobbil'alamiin, segala pujian tercurah pada Rabb Mahacinta Allah SWT, Karena ini bukan cerita tentang perjuangan dan usaha saya, Ini bukan cerita tentang betapa kerasnya belajar saya, Tapi betapa Mahasayangnya Allah kepada butiran jas-jus macam saya ini yang diberinya sepasang sayap untuk terbang meraih mimpi HERE WE GO 1. Kak, kak, kalo mau undangan nilai sama rankingnya harus naik terus ya? 2. Kak, kak, kalo mau undangan harus punya banyak sertifikat ya? 3. Kak, kak, kalo mau undangan ke HI-UI harus bisa bahasa Inggris ya? 4. Kak, kak, kakak mau masuk HI pasti mau jadi diplomat? 5. Kak, kak, kakak daftar PPKB UI gak? 1. Dek, dek, jujur aja nilai dan ranking aku fluktuatif.  Nilai yang diambil untuk diseleksi masuk kuota SNMPTN adalah rata-rata semua mata pelajaran dari semester tiga sampai semester lima, yang diranking sejumlah angkatan. Jadi: jumlah  x̄ smst  3 +  x̄ smst 4  +  x̄ smst 5  dibagi 3 terus dirank

How to Organize: your Binder

Assalamualaikum Warohmatullah, Kali ini saya akan bagi-bagi tips lagi tentang hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan persekolahan yang alhamdulillah sudah saya rasakan manfaatnya tersendiri, dan saya ingin orang lain juga bisa merasakan manfaat yang sama Yaitu... Bagaimana cara saya mengorganisir (menata) binder saya Walau selama kelas 10 dan 11 saya pakai buku tulis biasa, Kelas 12 ini saya memutuskan pakai binder, Alasan saya yang pertama , biar bisa disusun sesuai kebutuhan kita Yang kedua , biar praktis , karena semua catatan ada di satu tempat, ga berceceran Yang ketiga , skeptis saya yang berfikir "Kalau pake binder kertasnya, tipis, saya kan sukanya pake pulpen gel, nanti tembus" ternyata terbantahkan . Asal beli kertasnya yang merk lumayan lah macam Kenko, ga akan nembus. Jadi saya memutuskan pakai binder tahun ini. And alhamdulillah everything is going so well:) Awalnya saya kesulitan mencatat di binder, Tadinya cara saya nulis, saya bagi 2