Langsung ke konten utama

BACK TO SCHOOL ESSENTIAL! What (was) in my back backpack and how I pack(ed) them!


بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,
Hello teman-teman semua, hope you all are in great conditions and showered by His blessings.
Bagi kalian yang Senin besok akan kembali ke sekolah, are you exciteeeeed?
Pasti kebanyakan jawabannya "No"..

Well, this back to school season is personally very very special to me. Yaa karena this time, gue ga balik ke sekolah dungeon nama "siswa" saga, namun ada tambahan kata "maha" di depannya, dan kalau digabungin, menjadi "mahasiswa".

Inget banget dulu waktu kelas dua belas, setiap kelas gue yang rada-rada gesrek lagi berulah, bu Eliza (wali kelas kami) selalu manggil kami dengan, "HEY! CALON MAHASISWA!" dengan tambahan, "Kalian ini kan calon mahasiswa .............. *panjang*". Baru sekarang gue agak sedikit goosebumps mendengar kata mahasiswa because now I am one of those :') Anakmu sekarang beneran sudah mahasiswa, bu. Makasih untuk segalanya di satu tahun kemarin :)

Gue personally tahun ini sudah tidak merasakan "back to school" *yeaaay* but tepatnya, akan merasakan "starting uni" as a freshman..
But karena kebanyakan dari kalian sekarang masih "Back to School", so in this post, gue akan sharing kepada kalian what (was) in my backpack, including school essential and how I packed my backpack to school.

Semoga bisa menambah semangat kalian untuk kembali bersekolah! Enjoy!:)


When I was at school, aku selalu bawa dua tas.
Satu tas backpack yang  berisi school essentials atau peralatan wajib (plus sunnah-sunnahnya) ke sekolah, dan tas box kecil berwarna kuning itu adalah tas makan siang aku.
Yea, I bring my own lunch to school.
Karena pertama, alhamdulillah bundaku dengan senang hati mau masakinnya, dan yang kedua, bawa makanan dari rumah jauh lebih sehat dan hemat.





So, yang pertama, let's see what is in my school backpack.



BACKPACK




This is my school bag!
Disclaimer: pic was taken from google because it was too hard for me to take a good photo of my bag. 

Gue udah pernah cerita tentang tas gue ini di posting-posting sebelumnya. Tas ini beli pake uang menang OIC (lol) which means tas ini gue dapetin pake keringet dan hasil otak gue sendiri. That's why I really love this bag, karena tas ini punya arti tersendiri buat gue hehehehehehe cheesy ya. Jarang-jarang beli barang pake uang sendiri soalnya.

Yeah, this bag is from Herschel Supply Co. tipe Khaki Polkadot Woman Heritage (I won't ever forget). This bag has one wide main compartment in it, and a small front pocket as well. Dipakenya enak banget. It lasts me soooo long, and so strong, and gorgeous inshaAllah. Satu hal yang kurang dari backpack ini adalah, satu, dia ga ada laptop sleeve nya, dua, agak terlalu besar terhadap postur gue yang rada mini. Tingginya >45cm lho, dan itu udah hampir sepertiga badan gue -_- Oiya dan laptop sleeve itu menurut gue sangat penting karena it will keep our laptop safe from any scratches karena kegesek-gesek barang lain.

Barang apa saja yang gue bawa di dalamnya? Check it out..



1. Planner!

This is my 2016 planner.


Menurut gue, setiap siswa seharusnya punya planner. Karena planner keep you organize during school. Manusia hakikatnya adalah pelupa *ea* so we must write things down to remember things. Gue yakin banyak dari kalian yang aktivitasnya lebih dari sekedar sekolah. Ada yang MPK/OSIS, ada yang Ekskul, les musik, renang, bimbel, dsb. So, untuk mengatur semua jadwal, kegiatan, dan appointment lo, gunakan sebuah planner.

Let's take a look at my planner..




Begitu dibuka, lembaran pertama sebenarnya adalah kertas putih polos kosong yang sekarang sudah menjadi personal self reminders gue.




Then, halaman setelahnya ada overview kalender 2016-2017. 

Dan di halaman-halaman selanjutnya berisi monthly planner dan weekly planner.


Let's see monthly planner first.


tampak kosong
tampak setelah diisi

Jadi monthly planner ini diisi dengan overview kegiatan lo selama sebulan penuh. Perhari (tanggal) nya dibuat kotak-kotak yang cukup untuk lo isi dengan jadwal kegiatan lo.

Planner ini came blank. Kosong song song ga pake tanggal2 yang udah ditulis dari sananya, so guelah yang harus ngasih-ngasih sendiri tanggalnya, which is okay karena gue enjoy melakukannya.

Foto (kedua)  di atas adalah monthly planner gue bulan februari kemarin. Biasanya di monthly planner, gue tempel hal-hal yang harus gue selesaikan bulan ini (di gambar, gue harus menyelesaikan beberapa catatan materi yang ketinggalan). 
Gue juga suka nulis resolusi apa yang harus gue capai bulan ini (tapi gue tutup pake post it karena rahasia wkwk). 
Gue juga suka nulis hal-hal buruk apa yang biasanya gue lakuin dan di bulan ini harus gue hilangkan atau minimal gue kurangi. 
(Waktu itu) di sana juga gue tulis hasil TO-TO gue yang masih buruk wkwkwk.  


Setelah monthly planner, here is weekly planner.


Tampak kosong
Tampak yang telah gue isi
Weekly planner ini supposed to be filled dengan to do list kamu di hari itu. Sama kayak monthly planner, this one also came to me blank. Cuman dikasih nama-nama harinya, tapi gue sendiri yang isi tanggalnya.

Kalo kalian lihat, gue seneng banget nemelin sticky-notes di sana sini karena basically I like colors wkwkwk. Yaa inilah alasan gue jarang membeli stickies yg merk "post-it" because it's just too expensive for me. Sekali-kali beli juga sih, tapi karena gue tau that I overuse it, I wisely choose another brand :) yeaay


For those of you yang nanya di ask.fm kapan gue ospek dan kapan gue ini itu, ini gue kasih liat yaa jadwal gue selama dua bulan yang udah gue rangkum di monthly planner gue. Jadi kalian bisa lihat sendiri :) *I think I overuse the smile emoji*






2. Binder

Yes, guys, we need binder.
It's okay kalau kalian lebih suka nyatet di buku tulis yang biasa, it's personal preference. Tapi gue lebih nyaman pake binder karena bisa mengorganisir materi lebih baik dengan kertas-kertas yang bisa dilepas itu. 
Gue udah pernah bikin posting tentang how I organize my binder, so check it out if you haven't.


That is my (former) binder. The one I used when I was in highschool. It's from Bantex dan kualitasnya very good.



front pages
 
most favorite subject (geo)


Second most favorite subject (english)

third favorite subject (sosio)

not so favorite subject (eko)

Really not my favorite subject (bahasa)

my least of the least favorite subject (math)

back pages. here I stick some stickies and arrow because I usually needed them when I took notes.


3. Laptop

Gue mau jujur sama kalian bahwa laptop ini baru, BUT, bukan gue ataupun orang tua gue yang beliin ini. ADA CERITANYA semoga kalian mau denger..

Dari dulu, daariii dulu, gue selalu ingin Macbook.Tapi gue ga mampu belinya, dan mana gue sampai hati minta ini sama orang tua gue. Nope, ini berlebihan kalo mengandalkan uang orangtua gue.

Tapi gue tau gue punya sumber dana superkaya dan supermarjinal, yaitu tuhan gue, Allah Al Ghaniy Al Mughniy. Yang Mahakaya dan Maha Mengkayakan. 

Ramadhan kemarin gue target baca alwaqiah 111 kali. Alhamdulillah kecapai 118 (atau 120) kali.
Setau gue, kita baca alquran sangat boleh untuk hitung-hitungan. 
Mungkin ada beberapa yang ga setuju sama ini, tapi gue belajar dari yusuf mansur tentang hal berikut:

Alwaqiah ada 1800 huruf.
Kata Allah, satu huruf dibalas 10 kebaikan. Kalo bacanya dengan keadaan berwudhu non shalat, 25 kebaikan. Kalo dibaca dalam sholat sambil duduk dibalas 50 kebaikan. Dan kalau dibaca dalam shalat sambil berdiri dibalas 100 kebaikan.
Sementara disaat ramadhan, pahala bacaan quran berpotensi dibalas 700 kali lipat. Dan gue huznuzhon aja dibalas segitu hehehehe.
So, inilah hitung-hitungan gue.

Dibaca dlm keadaan wudhu nonshalat:
1800 x 25 x 700 = 3.150.000
Dibaca dlm keadaan sholat berdiri:
1800 x 100 x 700 = 12.600.000

Dan kata uztad Yusuf Mansur, nominal itu boleh aja kita minta Allah balasannya berupa uang. Dalam kasus gue, gue minta macbook.
Harga macbook sekitar 15 juta rupiah lebih. Kalo di bulan-bulan biasa, gue baca waqiah dalam shalat pahalanya sekitar 180.000, gue butuh berpuluh-puluh kali ngelakuin itu untuk mencapai jumlah 15 jeti. But mashaAllah by the blessings of Allah through ramadhan, gue ngamalin alwaqiah sambil shalat sekali plus beberapa sambil wudhu-nonshalat...... lalu

Malam ke 29 Ramadhan gue yakini sbg malam lailatul qadr. Kalopun nggak, this night was so magical. Gue sholat tahajud tuh jam 3-an, gue berdoa (lagi dan lagi) minta banyak hal salah satunya macbook. Lalu setelah itu gue keluar kamar mau bantu nyiapin sahur. Lalu tiba-tiba nyokap gue nyamperin gue dan bilang:
"Kak, kamu dikasih macbook tuh sama aunty"..
..
..
MashaAllah, secepet itu doa gue dijawab.
Gue langsung kegirangan dan bersyukur berkali kali. Gue masuk kamar trs sujud syukur. Ga nyangka dapet macbook turun dari langit.

Lalu siangnya nyokap ke rumah aunty untuk ngambil macbooknya. Lalu sesampainya di rumah gue langsung membukanya dan jatuh cinta padanya.

Masih ga percaya sama kehebatan Alwaqiah?
Mungkin ada yang berfikir "ya kali kagak pake usaha dapet macbook, ngibul lu".
Lah? Lu kira baca waqiah bukan usaha?
Baca alwaqiah 96 ayat dalam sekali shalat berat, men. Butuh keyakinan bahwa janji Allah itu nyata. Allah Mahakaya, jangan sombong dah dengan mengira bahwa yang kita punya sekarang ini adalah 100% hasil usaha kita. Nope, ada andil Allah yang besar di dalamnya.

So, try yourself :)


 So, here is my Macbook-Dari-Langit


Udah gue install microsoft, dan sekarang alhamdulillah so practical for me to do my job.



 Alhamdulillah, ga ada yang ga mungkin di dunia ini :)


4. Books
Buku paket gue udah dikardusin semua, jadi gue pake buku intensif inten kemarin as example yaa

Lo bukan anak sosial kalo ga punya ini

Sejujurnya gue ga suka bawa buku paket ke sekolah. Gue baca keadaan, kalo kira-kira guru ini recet dan mengahruskan selalu buka buku paket di dalam pelajarannya, maka buku itu gue bakal tinggal di kolong meja sekolah. Kalo emang buku itu gabut bgt ga pernah di buka, gue saranin simpen aja di rumah, karena kalo di sekolah takutnya hilang. Terus ujung-ujungnya pas akhir tahun ajaran, pas disuruh ngembaliin buku, bukunya udah pada lenyap entah kemana. 
Ps: di 28, kalo belum ngembaliin buku ga boleh ngambil ijazah.


5. Pencil Case

Everyone knows that pencil case is essential. Jangan ngandelin pulpen temen melulu deh :( Bawa sendiri dari rumah :( Mahal tauk pulpen gel satunya 7.500 :( Tapi kalo cowok gue rada maklum sih, udah biasa aja kalo pulpen dipinjem anak cowok -_- Tapi yang cewek jangan malu-maluin pinjem yaa!



This is my pencil case that you probably have seen it before.

Sebenernya aku lbh suka pake pencil case ku yang biru besaaaaar yang gue pernah bikin postingannya how I organize my pencil case, but gue yakin ga semua dari kalian demen bawa yang segitu banyaknya like I do. Emang hidup gue kurang minimalis nih. Tapi waktu itu, gue harus bawa banyak karena ke-hectic-kan kelas 12 yang mengharuskan gue untuk prepare semua alat perang tsb untuk mencatat materi dgn indah in every possible time.

So, I packed more in a minimalist way this time for you guys.
And here's what i think the essentials are:


Highlighters. Kuning untuk kalimat penting. Pink untuk nama/tanggal/hal yang lebih spesifik


mechanical pencil & regular pencil 
isi pensil mekanik 
penghapus
correction tape
scissor
Small ruler: untuk bikin kurva kurva imut yang ngenekkin
dan gue juga selalu bawa penggaris besar untuk garis menggaris buku akuntansi
(definitely  not in my pencil case)


6. 'EMERGENCY BAG'!!!

Okay, lied. This isn't emergency bag. This is a girl's girly bag.
Ini tidak esensial yaaa!
Yaa kalo lo udah SMA, boleh lah punya ginian. But, below that, ga usah deh. Wkwk.
Kalo udah SMA yaa sudah mulai dewasa lah ya. Try to look your best in every possible way. Ga perlu berlebihan, just be presentable :)



This is my smart-pocket that has not-very-smart thing inside.


Tissue!
Girls! Bring tissue tissue to the toilet! Keep yourself hygienic!
hand sanitizer. ga bisa ga pake kalo abis megang uang
Hand lotion. Kalo tangan lo sering kering.
Kalo lo gampang terlihat pucet kayak gue,
easy fix, put a tint on it ;)
Lip tint biasanya ga pernah menor di gue, terlihat healthy and natural.
Don't use lipstick krn too bold to bring to school. 
Get rid of the chapped lips by using lip balm/butter.
If your face shines like kilang minyak, bring a mattifying powder supaya ga kaya lampu disko
Don't forget to bring the puff 
My go to parfume.
The shape is too cute! Kayak pake topi toga!!
This is how to use it.
Too cute :3


7. Wallet

Okay, kalo kalian pernah baca what's in my bag yg untuk jalan-jalan, dompet gue belom yang ini. It was a huge big wallet. But, I want to start a more minimal way to live, karena belom jadi emak aja gue udah rempong, gimana nanti kalo udah jadi actual mommy -_- 

So, one of my Ramadhan wish is gue pengen dompet yang praktikal buat gue. Gue pengen dompet yang bisa memuat semua esensial gue. Dan another miracle, tiba-tiba hari ke berapa ramadhan gt (lupa) nyokap tiba-tiba pulang bawain gue tas dan dompet baru. Alhamdulillah..

So, here's my wallet.


Kalo kalian ga suka bawa dompet kayak gini ke sekolah, ga apa apa banget. Cari aja small pocket untuk keep your cash in it jadi ga banyak ngambil space.


I keep my card, cash, and important papers here.

Here's a life hacks for you.
Jadi gue sering banget diminta ngeluarin KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan KTP ganti-gantian di mana-mana. Di bank, di gramed, di sana-sini.
So, biar gue ga perlu ngeluarin dua duaan dan masukin dua duaan lagi.
Gue ambil clear card holder like this...


ini sebenernya bekas kartu asuransi kacamata wkaka 
Gue isi KTM di depan
Gue isi KTP di belakang
dan gue masih nyimpen kartu 28 gue <3



Okay, now all essentials sudah siap!
Now, LET'S PACK!

Pack the pencil case

Pack the beauties
THEN...
Put them all in the backypackyyyy!
Organize them well.





LUNCH BOX

For those of you yang prefer bawa makanan dari rumah, I did too.
And here's how I packed my lunch box.


Tempat makanku
Tempat minumku
Spoon and Fork
Keep your spoon&fork hygienic by wrapping 'em in a tissue
bring along some fruit, my favorite is banana
Here are they
Pack them neatly
Ready!
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
FINISHED!!!!


Now, we're good to go to school.

Enjoy your first day guys! I wish you good luck this year :)

Wassalamualaikum!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivational Story!! by ardelia-putri.blogspot.com: Menuju Ilmu Komunikasi UI (Part 2/2)

Lanjutin part sebelumnya ya! Sekarang gue pengen ngasih tau gimana ceritanya setelah gue tau apa yang gue mau: Ilmu Komunikasi UI. Gue gak sadar kalo ternyata ibarat novel, saat ini dan kedepanlah yang menjadi inti ceritanya. Sementara part sebelumnya, yang bagi gue udah cukup dipenuhi segala baper dan patah hati *wedee*, ternyata cuman seperti prequel. Saat liburan kenaikan kelas 3, sama seperti anak-anak lainnya gue daftar bimbel. Ada 2 bimbel yang gue paling sering denger diomongin orang-orang: Inten dan BTA (ga sama sekali berarti bimbel diluar itu jelek, semua bimbel punya nilai plus minusnya masing-masing. Tergantung muridnya sendiri mau memanfaatkan segala sarana yang udah ada atau ngga.) Dan ga jauh dari SMA 28, kedua bimbel itu ada dengan jarak yang berdekatan. Maka dari itu, suatu hari minggu gue dan nyokap pergi kesana untuk liat dan nanya-nanya. Kita datengin inten lebih dulu, karena lebih sesuai arah. Pas baru dateng,  buset , gue pikir. Tempatnya sereeem bener. Waktu itu

SNMPTN Undangan: Universitas Indonesia - Ilmu Hubungan Internasional (Part 2: Mitos SNMPTN and questions answered)

SNMPTN to HI-UI Alhamdulillahirobbil'alamiin, segala pujian tercurah pada Rabb Mahacinta Allah SWT, Karena ini bukan cerita tentang perjuangan dan usaha saya, Ini bukan cerita tentang betapa kerasnya belajar saya, Tapi betapa Mahasayangnya Allah kepada butiran jas-jus macam saya ini yang diberinya sepasang sayap untuk terbang meraih mimpi HERE WE GO 1. Kak, kak, kalo mau undangan nilai sama rankingnya harus naik terus ya? 2. Kak, kak, kalo mau undangan harus punya banyak sertifikat ya? 3. Kak, kak, kalo mau undangan ke HI-UI harus bisa bahasa Inggris ya? 4. Kak, kak, kakak mau masuk HI pasti mau jadi diplomat? 5. Kak, kak, kakak daftar PPKB UI gak? 1. Dek, dek, jujur aja nilai dan ranking aku fluktuatif.  Nilai yang diambil untuk diseleksi masuk kuota SNMPTN adalah rata-rata semua mata pelajaran dari semester tiga sampai semester lima, yang diranking sejumlah angkatan. Jadi: jumlah  x̄ smst  3 +  x̄ smst 4  +  x̄ smst 5  dibagi 3 terus dirank

How to Organize: your Binder

Assalamualaikum Warohmatullah, Kali ini saya akan bagi-bagi tips lagi tentang hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan persekolahan yang alhamdulillah sudah saya rasakan manfaatnya tersendiri, dan saya ingin orang lain juga bisa merasakan manfaat yang sama Yaitu... Bagaimana cara saya mengorganisir (menata) binder saya Walau selama kelas 10 dan 11 saya pakai buku tulis biasa, Kelas 12 ini saya memutuskan pakai binder, Alasan saya yang pertama , biar bisa disusun sesuai kebutuhan kita Yang kedua , biar praktis , karena semua catatan ada di satu tempat, ga berceceran Yang ketiga , skeptis saya yang berfikir "Kalau pake binder kertasnya, tipis, saya kan sukanya pake pulpen gel, nanti tembus" ternyata terbantahkan . Asal beli kertasnya yang merk lumayan lah macam Kenko, ga akan nembus. Jadi saya memutuskan pakai binder tahun ini. And alhamdulillah everything is going so well:) Awalnya saya kesulitan mencatat di binder, Tadinya cara saya nulis, saya bagi 2