Langsung ke konten utama

Motivational Story!! by ardelia-putri.blogspot.com: Menuju Ilmu Komunikasi UI (Part 2/2)

Lanjutin part sebelumnya ya!

Sekarang gue pengen ngasih tau gimana ceritanya setelah gue tau apa yang gue mau: Ilmu Komunikasi UI. Gue gak sadar kalo ternyata ibarat novel, saat ini dan kedepanlah yang menjadi inti ceritanya. Sementara part sebelumnya, yang bagi gue udah cukup dipenuhi segala baper dan patah hati *wedee*, ternyata cuman seperti prequel.

Saat liburan kenaikan kelas 3, sama seperti anak-anak lainnya gue daftar bimbel. Ada 2 bimbel yang gue paling sering denger diomongin orang-orang: Inten dan BTA (ga sama sekali berarti bimbel diluar itu jelek, semua bimbel punya nilai plus minusnya masing-masing. Tergantung muridnya sendiri mau memanfaatkan segala sarana yang udah ada atau ngga.) Dan ga jauh dari SMA 28, kedua bimbel itu ada dengan jarak yang berdekatan. Maka dari itu, suatu hari minggu gue dan nyokap pergi kesana untuk liat dan nanya-nanya. Kita datengin inten lebih dulu, karena lebih sesuai arah. Pas baru dateng, buset, gue pikir. Tempatnya sereeem bener. Waktu itu gue lupa antara lagi libur atau lagi jam belajar, tapi sepii banget dan cuman ada 2 orang resepsionis laki-laki dan perempuan di meja depan. Gue minta dikasih liat ruang belajarnya dan segala fasilitasnya. Yang jelas kalo lo tanya apakah inten pasming tempatnya terang benderang, sangat bersih, dan super ideal untuk belajar, jawabannya: eerrr..

Selanjutnya gue liat BTA. Sebelum masuk, kita disuruh lepas sendal diluar karena didalem ruangannya full karpet. Didalem, ada seorang perempuan berkerudung yang siap melayani gue dan nyokap nanya-nanya. Sama kaya di inten, gue liat2 kelas dan ruangan2 di BTA. Disana belajarnya lesehan gitu, dengan beberapa meja panjang didalem satu kelas dan papan tulis buat gurunya ngajar. Terus BTA punya semacem tempat makan kecil dimana kita bisa beli makanan2 sederhana kaya pop mie dsb. Di inten gaada. Pokoknya kalo lo tanya pertanyaan yang sama (terang, bersih, ideal) mengenai BTA, jawabannya YA!

Nah, sekarang lo pasti berpikir gue akhirnya bimbel di BTA. Yaa.. Salah!! Gue akhirnya balik lagi ke Inten untuk daftar tesnya karena gue memutuskan mau bimbel di Inten. Kenapa? Bener-bener preferensi pribadi aja sih, bagi gue rada 'kenapa' aja didepan mesti lepas sendal dan belajarnya lesehan, hehe. Yang biasa2 aja deh buat gue. Duduk di kursi kaya les2 biasa. Walaupun tempatnya oke-an BTA, tapi gue tetep lebih demen Inten. Dan Inten pasming (kalo gasalah) adalah salah satu Inten yang paling bagus. Kedua setelah Inten rawamangun. Oiya, coba aja kalo waktu itu gue tau bahwa beberapa bulan ke depan, mas deni (resepsionis inten) akan jualan banyak sekali makanan di inten!! mulai dari cemilan sampai kwetiau, hits abis pokoknya!!

Setelah tes dan mendapat kelas lulus (kelas yang paling bagus katanya, untuk masuk kelas lulus, dari 30 soal tes masuknya, gue sebagai anak IPS harus bener minimal 21. Dan gue bener 21. Sumpah hoki. Gue ngarang banyak banget.), dari hari pertama sekolah di kelas 3 gue langsung dateng ke Inten buat pengarahan. Buset hari pertama sekolah gue udah pulang jam 6 sore. Ngantuknya setengah mati waktu itu. Gue pengarahan sama Sasqi (halo gue tau lo baca) dan kita sempet salah kelas terus malu. Ude gapenting.

So dimulailah rutinitas gue. Setiap senin dan jumat jam 3 pulang sekolah gue ke inten untuk les mulai jam setengah 5. Pulang jam 8. Dan setelah beberapa bulan, intennya jadi seminggu 3x yaitu ditambah rabu dengan jam yang sama. Sekarang gue merasa sangat perlu untuk menekankan bahwa rutinitas macem ini sangat SANGAT melelahkan. Kelas 3 kemaren adalah satu taun sekolah paling capek yang pernah gue rasain. Asli. Berat banget. Tugas, ulangan, semuanya jadi lebih intens saat kelas 3. Walaupun udah capek, setelah itu gue masih harus belajar di bimbel 3x seminggu sore sampe malem. Belajar lagi, nyatet lagi, progress (apa itu progress? Progress adalah salah satu kegiatan inten yang ga jauh dari kertas dan gunting. Bukan belajar origami sumpah.), dan try out sebulan sekali. Gue gaktau apa mungkin lo baca dan mikir 'ah biasa aja dah' atau ngga, cuman bagi gue saat itu capeknya sangat luar biasa.

Dan karena gue ada di kelas lulus which means anak kelas gue (mayoritas) ajaib bin jenius semua, kadang ada saat-saat gue ngedown banget karena rasanya gue butuh effort 5x lebih besar dari mereka untuk mengerti suatu pelajaran. Gue inget suatu momen belajar ekonomi ketika (ini emang posisi duduk gue sangat salah) gue duduk diantara Sasqi dan Acong (22nya makhluk ajaib bin jenius spt yang gue tulis tadi). Gurunya ngejelasin sesuatu yang sumpah gue bener2 ga ngerti apaan maksudnya, tapi ketika gue liat kiri dan kanan, mereka berdua ngangguk2 ngerti dan gue bener2 ngerasa 'ini ada suatu bahasa yang cuman gue yang gak paham apa gimana sih?? KOK PADA NGERTI GUE NGGA?' pulangnya gue ngedown maksimal. Gue mikir kenapa gue bodoh banget sih. Apa gue salah ya ada di kelas lulus? Apa harusnya gue di kelas yang biasa aja? Tapi setelah mengasihani diri sendiri yang gue tau gaada gunanya *you just gotta let it all out of your system first, ya know?*, gue berusaha menyadarkan diri gue sendiri dengan suatu fakta: gue gakpernah didiagnosis idiot atau cacat mental sama dokter. Maksudnya? gue normal. Dan manusia normal bisa menangkap informasi. Manusia normal pasti bisa diajarin. Perbedaannya cuman terletak di IQ & EQ masing-masing orang. Ada orang-orang yang memang hanya butuh sekali penerangan, kemudian mereka bisa langsung paham atau mungkin hafal. Sementara ada orang-orang lain yang butuh diterangkan mungkin dua kali, atau bahkan sepuluh kali sampai mereka paham. Walau materi dan metode yang diberi sama persis seperti kelompok orang sebelumnya. Dan ternyata untuk sebagian besar waktu, gue termasuk kelompok yang kedua. Cuman intinya satu = semuanya pasti bisa paham. Yang jadi masalah, orang kadang gampang nyerah. Dijelasin sekali, gakngerti. Kemudian merasa penasaran dan minta dijelasin ulang. Dua kali, tetep gakngerti. Masih gakmau kalah. Tiga kali, tetep gakngerti. Terus nyerah. Gapapa kalo ilmu yang lo pelajarin adalah misal bahasa sanskerta. Emang palingan juga gaada gunanye kecuali buat nyombong kalo lagi belajar sejarah soalnya bisa baca prasasti. Cuma gue sadar ilmu yang gue pelajari di Inten adalah ilmu yang akan mengantar gue ke impian gue: kuliah di UI. Ini kemauan gue sendiri, ini juga bimbel pilihan gue, so, meskipun harus mengeluarkan effort lebih keras dari kebanyakan temen di kelas gue, gue harus terus jalanin sebagai tanggung jawab atas apa yang gue mau. Ibaratnya lo pengen bisa bediri di puncak gunung, tapi lo males mendaki. Yaudah palingan lo cuman di kaki gunungnya doang, ngeliat keatas sambil berharap 'duh pengen banget gue bisa bediri diatas sana' tanpa usaha yang berarti. Gue gakmau kaya gitu. Maka gue ubah mindset gue sebisa mungkin. Ga sekejap, panjang prosesnya, insiden kelas ekonomi tadi cuman satu dari beberapa momen breakdown gue. Dan masih banyak lagi pandangan orang-orang yang meremehkan gue yang gak jarang bikin gue minder setengah mampus. Cuman gue berusaha ikut ketawa aja sama mereka. Biarin aja, biar mereka liat nanti hasil akhir gue!!

Jadi, gue terus belajar. Gue emang gak super duper ambisius, gue gak inten sampe tengah malem kaya orang-orang, dan gak setiap ngeliat lampu merah terus gue berpikir, hmm jika mobil gue maju setiap 5 detik dan mobil sebelah gue 2 detik, pada detik keberapakah mobil kita akan bertemu? #gakjelas. Jangan salah, bukan berarti gue ga berusaha sekeras orang lain. Tapi gue berusaha sebagaimana butuhnya gue. Masuk UI adalah sesuatu yang gue SANGAT ingin. Dan gue belum pernah menginginkan sesuatu sekeras ini. Asli. Maka dari itu gue berjuang sekeras yang gue bisa. Ditambah sedikit lagi. Bisa disimpulkan dengan = gue bawa2 buku sampe kuburan ketika gue harus ngelayat. Bukannya gue gaada etika, gue juga ga baca buku ketika orang-orang lagi doa dan nangis2, tapi gue bener2 harus memaksimalkan semua waktu yang gue punya, dan gue juga hanya ketemu Almarhum mungkin sekali atau dua kali setahun. Jadi gue gabisa bohong kalo gue sejujurnya ga benar2 sedih. Oiya, ada suatu perkataan yang gue suka dan percaya banget. Bunyinya gini: 'untuk mendapatkan sesuatu yang kita belom pernah punya, kita harus melakukan sesuatu yang kita belom pernah kerjakan'. Jadi itu yang gue lakukan.

Tanpa disadari tiba-tiba udah waktu pengumuman SNMPTN (gue gabisa daftar karena gue mutasi semester 4, udah siap2 mental dari pindah sekolah sih, jadi udah ikhlas). Ga sedikit temen-temen gue yang dapet. Sumpah, rasanya seneeeeeng banget. Beneran. Seneng banget rasanya liat orang-orang yang lo tau pantes, dapet apa yang mereka sangat idam2kan. Yang ga pantes yaudalahya gaada yang temen gue juga, hehe. Rezeki urusan Tuhan.

Tapi dengan itu, berkuranglah orang2 dikelas inten gue secara drastis. Kalo gasalah 6 ngurangnya. Dan beberapa yang lain gapernah dateng lagi ke inten. Menyisakan gue hanya dengan 5 temen gue yang lain. Nah, baru disini rasanya belajar semakin berat. Karena UN udah lewat dan sekolah udah libur, kita inten tiap senin-sabtu (dengan pengecualian hari Jumat try out) dari jam 7-3. Jam 7 sampe jam 10 belajar di kelas 2 mata pelajaran, sisanya diskusi di depan sampe pulang.

Ketika baru2 mulai inten, gue pernah denger temen gue yang anak inten sambas bilang 'kata guru gue siap2 aja nanti sekitar bulan2 oktober paling udah pada nangis2 minta udahan' dan ternyata ngga tuh. Gue masih semangat2 aja bulan segitu. Bagi gue, justru disaat setelah UN inilah mental lo bener2 diuji. Ketika banyak temen lo udah dapet undangan, sementara lo masih stuck didepan buku dari pagi ampe malem. Di sisa waktu sebulan itu idup gue bener2 isinya cuman belajar. Gaada jalan sama temen, gaada nonton tv series, gaada bangun siang. Rasanya kaya robot yang udah di program tiap hari: Inten-pulang-mandi-belajar-solat-tidur. Bahkan terakhir2, gue dan temen2 kelas gue pulang Inten belajar lagi dirumah salah satu dari kita sampe malem. Jadi bener2 dari pagi sampe gakuat. Kadang gue muak betul2 muak, tapi gue cuman bisa cerita ke orang2 terdekat gue dan pastinya ke Allah. Gue ceritakan betapa capeknya gue, tapi juga betapa inginnya gue bisa ada di UI sebagai mahasiswa jurusan komunikasi. Gue yakin Dia denger.

Tanggal 31 Mei 2016 gue berangkat ke SMAN 22 Jakarta tempat gue akan ujian SBMPTN. Tesnya jam 10, gue udah disana jam 8. Ini lebay sih, karena walaupun gue nunggu dimobil, gue jadi grogi karena gabisa ngapa2in. Yaudahlah, gue tidur aja di mobil. Gue ujian di satu ruangan berisi kurang lebih 10 orang. Buset, soalnya susah banget. Semua yang ikut SBMPTN taun ini pun pasti sependapat sama gue. Bahkan SIMAK (yang sejarahnya selalu lebih susah) ternyata lebih mudah dari SBMPTN. Tapi yaudah, gue sudah berusaha semampu gue dan gue sudah berdoa. Bener2 semua yang gue bisa udah gue lakuin. Setelah ini terserah Allah.

Akhirnya setelah semua ujian-ujian gue selesai, gue bisa punya idup lagi! gue bisa bangun siang, gue bisa jalan sama temen, dan gue bisa nonton tv series2 favorit gue! gue berusaha sama sekali ga mikirin ujian2 kemaren ataupun gimana hasilnya. Panik pasti, tapi simpen buat kalo emang udah deket aja. Kalo nunggu sebulan tiap hari panik bisa2 hari-h gue malah stroke kali.

Dan tibalah akhirnya tanggal 28 Juni 2016. Nah, dari H-1 gue juga udah gabisa mikirin apa-apa selain pengumuman sih. Terakhir gue gak mikirin pengumuman adalah dua hari sebelumnya ketika gue nonton konser Barasuara. Setelah senengnya udahan, otak gue nolak mikirin apapun kecuali pengumuman SBMPTN.

Hari-H

Pengumumannya jam 14.00. Gue inget paginya gue abis potong rambut. Sampe rumah, dari jam 13.00 gue nyalain laptop. Gue berusaha buka youtube dan nonton video apapun buat ngabisin waktu. Sumpah, semuanya hambar banget rasanya. Kaya soksokan baca buku padahal cuman di bolak balik doang.

Waktu tinggal kurang dari 5 menit. Gue buka website SBMPTN dan gue buka hampir semua website mirrornya. Dan ketika akhirnya countdownnya menunjukkan 0 detik, websitenya langsung error. YA. BIADAB SEKALI. Semua websitenya langsung goyang2 gakjelas (sumpah goyang2 gitu deh, aneh.). Akhirnya salah satu website mirrornya baru berhasil gue buka beberapa menit kemudian. Disana tertera kolom nomor peserta dan tanggal lahir serta captcha buat diisi. Jantung gue rasanya mau lepas. Gak boong. Gue deg2an luar biasa tanpa harus gue pegang. Sepanjang ngisi segala macem yang diminta gue cuman bisa ngucap bismillah berkali-kali. Dan terakhir gue klik tombol 'cari'.

Loadingnya gaksampe sedetik.

Tangan gue seketika tremor.








Gue teriak2 di kamar. 

INI SERIUS?? GUE?? GUE BENERAN JADI ANAK UI?? GILAAAAAA

GILA! Rasanya bener2 kaya di film-film. Gue langsung inget semua kerja keras yang gue lakuin untuk bisa berbuah screenshot diatas. Asli, rasanya manis luar biasa. Gue bener2 seneng, bangga, terharu, segala macem deh udah kaya menang grammy. Sumpah, seneng BANGET. 

Dan yaa, selanjutnya lo pasti bisa tebak. Nyokap gue sibuk pasang2 status BBM, Gue heboh ngasi tau temen-temen gue, dan sebagainya. 

Gue udah berhasil membuktikan kalo gue, yang notabene betul-betul, ini bener2 ga ngerendah ya, bukan siapa-siapa, gapernah dapet ranking bagus di 28, bisa lulus ujian yang diikuti ribuan orang se-Indonesia dengan kursi (untuk jurusan komunikasi UI) hanya 16 buah. ENAM BELAS. Dari ribuan. Siapa yang sangka gue bisa? Gue sendiri awalnya pesimis banget.

Percaya sama gue, gaada yang gamungkin. Klise? betul. Tapi benar kan ternyata? Susah udah pasti. Capek udah pasti. Biar gue kasih tau lo sekarang di depan, akan jauh lebih susah dan lebih melelahkan dari yang lo kira. Akan banyak sekali tantangannya. Akan ada banyak orang yang meremehkan lo. Tapi dengan mental yang benar, dengan restu orang tua, dan dengan Tuhan, lo pasti bisa keluar dari itu semua. Ada banyak sekali detil2 yang gak gue ceritain walaupun udah sepanjang ini. Tapi inilah garis besarnya. Stop membuat2 alasan. Stop bilang 'ah sekolah gue bukan sekolah unggulan' atau 'ah gue gaada uang untuk bimbel'. Gaada yang mengharuskan 2 hal itu. Temen gue tanpa keduanya ada yang berhasil masuk UI. Bukan soal fasilitasnya, tapi soal lo-nya sendiri.

Pertanyaannya sekarang = lo siap gak berusaha? Kalo iya, selamat berjuang. Jangan lupa terus berdoa, Allah gak tidur. Dia pasti bantu. Gue janji semuanya akan terbayar. 

Jadi, ketemu di UI?

-----------------------------------------end-----------------------------------------------

So del,
yes, 
kita ketemu di UI satu FISIP pula!!
empat tahun lagi deeeeeh lo temenan sama gueee HAHAY


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SNMPTN Undangan: Universitas Indonesia - Ilmu Hubungan Internasional (Part 2: Mitos SNMPTN and questions answered)

SNMPTN to HI-UI Alhamdulillahirobbil'alamiin, segala pujian tercurah pada Rabb Mahacinta Allah SWT, Karena ini bukan cerita tentang perjuangan dan usaha saya, Ini bukan cerita tentang betapa kerasnya belajar saya, Tapi betapa Mahasayangnya Allah kepada butiran jas-jus macam saya ini yang diberinya sepasang sayap untuk terbang meraih mimpi HERE WE GO 1. Kak, kak, kalo mau undangan nilai sama rankingnya harus naik terus ya? 2. Kak, kak, kalo mau undangan harus punya banyak sertifikat ya? 3. Kak, kak, kalo mau undangan ke HI-UI harus bisa bahasa Inggris ya? 4. Kak, kak, kakak mau masuk HI pasti mau jadi diplomat? 5. Kak, kak, kakak daftar PPKB UI gak? 1. Dek, dek, jujur aja nilai dan ranking aku fluktuatif.  Nilai yang diambil untuk diseleksi masuk kuota SNMPTN adalah rata-rata semua mata pelajaran dari semester tiga sampai semester lima, yang diranking sejumlah angkatan. Jadi: jumlah  x̄ smst  3 +  x̄ smst 4  +  x̄ smst 5  dibagi 3 terus dirank

How to Organize: your Binder

Assalamualaikum Warohmatullah, Kali ini saya akan bagi-bagi tips lagi tentang hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan persekolahan yang alhamdulillah sudah saya rasakan manfaatnya tersendiri, dan saya ingin orang lain juga bisa merasakan manfaat yang sama Yaitu... Bagaimana cara saya mengorganisir (menata) binder saya Walau selama kelas 10 dan 11 saya pakai buku tulis biasa, Kelas 12 ini saya memutuskan pakai binder, Alasan saya yang pertama , biar bisa disusun sesuai kebutuhan kita Yang kedua , biar praktis , karena semua catatan ada di satu tempat, ga berceceran Yang ketiga , skeptis saya yang berfikir "Kalau pake binder kertasnya, tipis, saya kan sukanya pake pulpen gel, nanti tembus" ternyata terbantahkan . Asal beli kertasnya yang merk lumayan lah macam Kenko, ga akan nembus. Jadi saya memutuskan pakai binder tahun ini. And alhamdulillah everything is going so well:) Awalnya saya kesulitan mencatat di binder, Tadinya cara saya nulis, saya bagi 2