Langsung ke konten utama

Motivational Story!! by ardelia-putri.blogspot.com: Menuju Ilmu Komunikasi UI (Part 1/2)

Assalamualaikum teman-teman,
kali ini posting gue bukan dari gue, melainkan dari sahabat (huek) gue (gue tau lo baca del).
Kalo lo pernah baca posting gue yang Kesan Pesan dan Pengalaman Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016, di sana gue sebutin bahwa ada orang, kurus, rambutnya panjang, namanya Ardelia. Jadi ceritanya, si Adel alhamdulillah wasyukurillah tanggal 28 Juni kemarin dapet Ilmu Komunikasi UI via SBMPTN.

Semua ini berawal dari ask.fm gue, dimana saat itu seorang anon cantik (or maybe ganteng) menanyakan pada gue:

Ka.. susah g buat bljr sesuatu yg g kita tau, dan g kita ngerti.. tapi orang lain tau. Orng lain bsa , dan kita kesulotan karena kta tdk punya kesemptn sbaik orang itu.. bgaimana. Jika itu d posisi kaka.. apa yg kaka lakuin kalo g ngeri2 dgn pljrn


Lalu... gue ga bisa jawab. Bukannya sombong tapi entah mengapa gue merasa ini bisa dijawab lebih baik dari sudut pandang orang lain. This questions isn't mine. So I answered her (or him)......
aku punya temen yg dianggap underdog, remehan orang kadang bikin dia down juga, tapi dia terus usaha dan konsisten dgn usahanya, dan alhamdulillah pada akhirnya dia lolos SBMPTN kmrn yang katanya susahhhhhhg bgtttt di pilihan pertamanya (komunikasi UI). Dan sekarang gue seneng banget dia bisa menegakkan kepalanya krn tlh berhasil membuktikan keraguan orang lain pd diri dia. Her name's Ardelia, dan nanti akan aku re answer jawaban dia.

Setelah itu gue langsung line Adel dan nyuruh doi menjawab question anon ini.. Right away langsung dia jawab:
"waw ternyata ada umat gue di luar sana"
Lalu dia menuliskan jawaban doi yang langsung gue post ke ask.fm gue:

Susah apa ngga bljr sesuatu yg kt ga ngerti APALAGI ga minat? Tentu sangat susah!! Cmn skrg yg perlu lo sadari adalah = gaada yg peduli gimana menurut lo. Mau mnrt lo susah, mau lo bnr2 gangerti, pljrn2 itu ttp dan akan selalu dijadiin standar utk lanjut ke jenjang yg lbh tinggi. Emg dr jaman jebot jg begitu toh? Dan yaa you signed up for this, sama aja misal mau masuk akpol syaratnya minimal 170cm (misal). Gmn pun caranya lo hrs jd 170cm kan? Walaupun lo gasuka berenang atau main basket? Toh lo yg mau daftar akpol? Kalo lo emg se-gakmau itu utk bela2in agar tinggi lo 170cm ya silakan cari sklh lain yg ga mementingkan tinggi kan? So sama aja ky pljrn2 di sekolah. Suka gaksuka harus di pelajarin dan kuasain. Mgkn butuh wkt lbh lama krn lo ga suka, cmn kecuali lo emg didiagnosis idiot sm dokter, pasti akhirnya akan lo kuasain juga. Walau mgkn harus baca sampe 10x. Bagi gw gaada tips aneh2 agar lo suka sm suatu pljrn. Sadar aja kalo itu emg tanggung jawab lo sbg cara menggapai sesuatu yg lo ingin. Pertanyaannya = lo serius gak sm apa yg lo mau? Kalo se-benci itu tinggal keluar, kalo sebaliknya silakan berjuang. Tp percayalah, it's all going to be worth it!!!! Allah PASTI bantu. YEAAAA

Nah, setelah kejadian itu, si adel temen gue ini inspired untuk nulis in-depth version of perjalanan inspiratif dia (uhuy) menuju kom UI. Emang ni anak keren sih. Dari dia, gue belajar arti kata 'persistence' yang ternyata artinya adalah kegigihan  (ketawa dong please).
Tapi beneran, ni anak ga peduli sama semua lidah orang yang kadang emang ga bisa disaring. Dia punya goals dan nomatter what goals itu harus dia capai.

She has different way from mine to inspire people, and she'd love to share it with you guys:


Menuju Ilmu Komunikasi UI (Part 1/2)

Hey, folks! Selamat lebaran! I hope you're spending a terrific time with whoever you're sharing this day with, wherever you are. :)

Tadi siang tiba-tiba gue mendapat ilham untuk nyeritain kisah jerih-payah-banting-tulang gue dari awal sampe akhir seperti di judul. Kali2 aja suatu hari ada diantara2 lo lo yang lagi galau2nya di kelas 3 dan butuh motivasi (Bcs I sure as hell did need lots of it a few months back), terus ga sengaja nyampe disini.  Dan karena hari ini lebaran dan gue sibuk makan, akhirnya baru jam setengah 11 malem gini sempet nulis.

So, let's cut to the chase, shall we?

Pertama-tama rasanya gue pengen nyeritain kenapa komunikasi? Lupain UI dulu, tapi dari awal bgt, kenapa gue pilih jurusan tersebut?

Sejak kecil (dan sampai sekarang), gue adalah anak yang sangat suka nonton film. Gue senang dengan bagaimana 2 jam yang dikasih oleh sebuah film bisa membawa gue ke berbagai tempat yang rasanya gabisa gue jamah dengan status gue yang cuman orang biasa. Rasanya gue bisa ikut ngerasain serunya Ferris, Cameron, dan Sloane cabut sekolah dan keliling Chicago seharian di Ferris Bueller's Day Off, bisa ikut ngerasain tegangnya Jason Statham jadi pembunuh bayaran di Mechanic, atau ngerasain jadi murid hogwarts di Harry Potter. Yang terakhir mau siape juga emang gakmungkin juga si. Tapi semua itu bisa (seolah-olah) gue rasain hanya dalam kurun waktu kurang lebih 2 jam. Bagi gue nonton film adalah 2 jam yang magis.

Semata-mata karena kesenangan gue nonton film, dari akhir SD atau awal SMP gue udah memutuskan: nanti gue mau kuliah film. Gue mau belajar bagaimana caranya orang bisa mengemas segala macam cerita dan emosi di dalam waktu yang sebegitu singkat. Gue mau tau apa aja yang lo butuh, apa aja yang lo harus perhatikan. Dan seperti bocah2 gaje pada umumnya, gue juga seneng bikin film-film pendek bareng temen-temen gue untuk kemudian kita upload di youtube DAN KITA SESALI atau sekedar for fun aja. Gue sendiri punya beberapa footage yang gue iseng shoot2 dan edit2 sendiri, kemudian gue save tanpa pernah gue kasih liat siapapun. Tapi intinya gue sangat tertarik untuk belajar film. Niat ini udah gue kasih tau orang tua gue, dan disetujui.

Hari-hari berlalu *ea*, gue mulai masuk SMA. Bayangan kuliah semakin jelas. Dari yang awalnya bocah SMP yang kerjaannya main ampar-ampar pisang ama temen-temen doang, gue mulai browsing2 kampus untuk gue kuliah nanti. Dan disaat-saat ini, entah kenapa tiba-tiba nyokap suka nyamperin gue dan nanya, 'kamu serius pengen kuliah film?' dan lama-lama ditambah dengan 'coba deh browsing2 jurusan yang lain dulu'. Intinya perlahan tapi pasti dia nyuruh gue ganti jurusan. LAH. Waktu itu gue kesel dan marah bgt. Ya gimana ngga?? Dari bocah gue udah bilang dan dia udah meng-iya-kan keinginan gue kuliah film. Dan sekarang tiba-tiba disuruh ganti. Jujur sampai sekarang gue gak paham kenapa dia sempet mengiyakan keinginan gue kalo akhirnya dia tetep akan gak setuju dan bilang 'aduh ngapain sih belajar film, nanti duitnya gak jelas, kerjanya gak tentu'. Mungkin pada waktu itu dia pikir itu cuman keinginan temporer bocah yang belom tau mau jadi apa kali ya. Well, little did she knew I was actually dead serious.

Setelah menghabiskan beberapa bulan antara berdebat dan berusaha mati-matian menjauhi topik itu, akhirnya gue memutuskan untuk mengalah. Gue berusaha melihat dari sudut pandang dia dan gue berusaha paham. Gue yakin seorang ibu ga sembarangan ketika mereka mengarahkan anaknya. Gue mulai browsing2 internet dengan kata2 paling bloon di dunia spt 'ada jurusan apa saja di kuliah'. Asli. Tapi yaudahlah ya, gotta start somewhere, kan? Setelah melihat berbagai macam jurusan, gue mikir, 'dari sejibun2 gini jurusan, dimana ya yang gue tetep bisa belajar film?' baget emang, biarin aje.

Setelah pencarian yang panjang *ky jodoh*, gue menemukan jurusan komunikasi. Dari yang gue baca, jurusan ini mempelajari dan melatih mahasiswanya untuk mahir dalam berbagai macam cara berkomunikasi. Verbal dan non-verbal. Non-verbal berarti termasuk visual. Visual berarti termasuk film! Gue seneng banget dan kemudian langsung melaporkan hasil penemuan gue ini ke nyokap. Kali ini dia beneran setuju. Sejak hari itu gue patenkan Ardelia harus kuliah di jurusan komunikasi!

Awalnya gue sangat ingin kuliah di Universitas Padjadjaran, dimana komunikasi memiliki fakultasnya sendiri. Dimana letaknya di Bandung, dan gue selalu suka dengan Bandung. Tapi lagi-lagi, karena satu dan lain hal, niat ini gagal dapet restu. Nyokap menganjurkan gue kuliah di UI aja. Entah kenapa, dari awal gue gapernah tertarik sama UI. Mungkin sama alasannya dengan kenapa anak-anak UI gapernah tertarik dengan Unpad. Emang ga kepengen aja. Dan sumpah, gue tau diri. Di SMA 28 gue sadar gue bener2 bukan termasuk anak pinter. Gue gapernah dapet ranking bagus. Nilai gue juga selalu biasa aja. Jadi untuk kuliah di UI? Asli, mimpi aja gue minder.

Gue inget waktu itu ketika lagi bete dan galau-galaunya, temen gue ngajakin gue ikut Bedah Kampus UI. Walaupun sebenernya terpaksa dan agak males, akhirnya gue ikut juga.

Pernah gak lo melakukan sesuatu atau datang ke suatu tempat dan ngerasa segala elemen tentang hal atau tempat itu lo banget? Gak berarti sesuatu itu harus udah lo kenal sebelumya (dalam arti: lo suka main gitar terus lo nonton konser, itu 'kenal' yg gue maksud. Bisa aja lo suka main bola terus lo iseng-iseng dateng ke pameran seni. Dan lo ngerasain apa yang gue tulis barusan.) Gak harus dengan penjelasan aneh-aneh, tapi gue bener2 ngerasa ada sense of belonging ketika gue di UI waktu itu. Disana gue melihat bagaimana terorganisirnya acara yang diikuti ribuan bocah2 ngeselin itu, bagaimana panitia, yang walaupun hanya mahasiswa, berlaku sangat profesional, tegas, dan membantu. Gue gabisa pungkiri bahwa orang-orang berjaket kuning itu punya daya tarik tersendiri. Rasanya mau seperti apapun tampangnya, ketika mereka pake jaket kuning, wibawanya naik 120%. Hampir semua booth jurusan gue samperin dan gue tanya-tanyain. Mulai dari yang emang gue mau yaitu komunikasi, sampe yang emang iseng-iseng aja kaya ilmu keperawatan. Mungkin memutuskan untuk datang ke acara Bedah Kampus UI 2015 kemaren adalah salah satu keputusan terbaik yang gue buat, karena sejak hari itu gue jatuh cinta berat sama Universitas Indonesia. Semua tentang UI yang gue lihat hari itu, mulai dari kampusnya, lingkungannya, mahasiswanya, rasanya seperti semua yang ingin gue jadikan sebagai identitas gue, if that makes sense. Gue inget perjalanan pulang gue dan 2 temen gue dari BK UI didalem taxi, gue tau mereka punya perasaan yang sama kaya gue, kaya disihir. Ga berhenti kita ngomongin betapa pengennya kita jadi salah satu dari mahasiswa berjaket kuning tadi. Gue sangat saranin kalian untuk dateng ke acara BKUI di tanggal terdekat, biar lo rasain sendiri kaya apa.

So, akhirnya gue meyakinkan diri dengan satu pilihan: Ilmu Komunikasi UI. Orang tua gue pun sama. Mereka sudah fix restu dan mendoakan. Dimulailah perjuangan gue yang sebenarnya menuju kesana.

Lanjut ke part selanjutnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivational Story!! by ardelia-putri.blogspot.com: Menuju Ilmu Komunikasi UI (Part 2/2)

Lanjutin part sebelumnya ya! Sekarang gue pengen ngasih tau gimana ceritanya setelah gue tau apa yang gue mau: Ilmu Komunikasi UI. Gue gak sadar kalo ternyata ibarat novel, saat ini dan kedepanlah yang menjadi inti ceritanya. Sementara part sebelumnya, yang bagi gue udah cukup dipenuhi segala baper dan patah hati *wedee*, ternyata cuman seperti prequel. Saat liburan kenaikan kelas 3, sama seperti anak-anak lainnya gue daftar bimbel. Ada 2 bimbel yang gue paling sering denger diomongin orang-orang: Inten dan BTA (ga sama sekali berarti bimbel diluar itu jelek, semua bimbel punya nilai plus minusnya masing-masing. Tergantung muridnya sendiri mau memanfaatkan segala sarana yang udah ada atau ngga.) Dan ga jauh dari SMA 28, kedua bimbel itu ada dengan jarak yang berdekatan. Maka dari itu, suatu hari minggu gue dan nyokap pergi kesana untuk liat dan nanya-nanya. Kita datengin inten lebih dulu, karena lebih sesuai arah. Pas baru dateng,  buset , gue pikir. Tempatnya sereeem bener. Waktu itu

SNMPTN Undangan: Universitas Indonesia - Ilmu Hubungan Internasional (Part 2: Mitos SNMPTN and questions answered)

SNMPTN to HI-UI Alhamdulillahirobbil'alamiin, segala pujian tercurah pada Rabb Mahacinta Allah SWT, Karena ini bukan cerita tentang perjuangan dan usaha saya, Ini bukan cerita tentang betapa kerasnya belajar saya, Tapi betapa Mahasayangnya Allah kepada butiran jas-jus macam saya ini yang diberinya sepasang sayap untuk terbang meraih mimpi HERE WE GO 1. Kak, kak, kalo mau undangan nilai sama rankingnya harus naik terus ya? 2. Kak, kak, kalo mau undangan harus punya banyak sertifikat ya? 3. Kak, kak, kalo mau undangan ke HI-UI harus bisa bahasa Inggris ya? 4. Kak, kak, kakak mau masuk HI pasti mau jadi diplomat? 5. Kak, kak, kakak daftar PPKB UI gak? 1. Dek, dek, jujur aja nilai dan ranking aku fluktuatif.  Nilai yang diambil untuk diseleksi masuk kuota SNMPTN adalah rata-rata semua mata pelajaran dari semester tiga sampai semester lima, yang diranking sejumlah angkatan. Jadi: jumlah  x̄ smst  3 +  x̄ smst 4  +  x̄ smst 5  dibagi 3 terus dirank

How to Organize: your Binder

Assalamualaikum Warohmatullah, Kali ini saya akan bagi-bagi tips lagi tentang hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan persekolahan yang alhamdulillah sudah saya rasakan manfaatnya tersendiri, dan saya ingin orang lain juga bisa merasakan manfaat yang sama Yaitu... Bagaimana cara saya mengorganisir (menata) binder saya Walau selama kelas 10 dan 11 saya pakai buku tulis biasa, Kelas 12 ini saya memutuskan pakai binder, Alasan saya yang pertama , biar bisa disusun sesuai kebutuhan kita Yang kedua , biar praktis , karena semua catatan ada di satu tempat, ga berceceran Yang ketiga , skeptis saya yang berfikir "Kalau pake binder kertasnya, tipis, saya kan sukanya pake pulpen gel, nanti tembus" ternyata terbantahkan . Asal beli kertasnya yang merk lumayan lah macam Kenko, ga akan nembus. Jadi saya memutuskan pakai binder tahun ini. And alhamdulillah everything is going so well:) Awalnya saya kesulitan mencatat di binder, Tadinya cara saya nulis, saya bagi 2